Rabu, 22 Februari 2017

7 Kegunaan Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Minyak alami asal Mediterania ini sudah lama digunakan sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Karena fungsinya yang melembabkan, mungkin Anda sudah sering mendengar atau membaca bahwa minyak zaitun sering dijadikan bahan dalam pembuatan masker alami. Minyak zaitun mengandung asam linoleat, yaitu senyawa yang mencegah air untuk menguap. Itulah sebabnya minyak alami ini dapat menjaga kelembaban kulit dan rambut. Kaya pula akan vitamin E dan A yang dapat menjaga kulit tetap lembut, sehat, dan awet muda. Kali ini akan dibahas lengkap kegunaan minyak zaitun dalam rutinitas kecantikan menjadi satu sehingga Anda dengan mudah melihat manfaatnya yang beragam.

1. Makeup Remover
Karena teksturnya yang berminyak dan jika Anda takut kalau minyak zaitun yang dipakai di wajah akan menyumbat pori serta menimbulkan masalah, maka Anda salah besar. Faktanya, minyak zaitun mengikat minyak lain di wajah sehingga tepat untuk mengangkat makeup yang sulit dihapus, misalnya maskara waterproof. Anda bisa langsung mengusapkan kapas yang sudah diberi minyak zaitun pada riasan wajah. Bila suka, buatlah makeup remover dari campuran minyak zaitun dan air lidah buaya untuk hasil yang lebih optimal serta menyegarkan.

2. Perawatan Rambut
Minyak zaitun telah digunakan sebagai perawatan rambut semenjak jaman Mesir kuno. Hangatkan minyak zaitun pada microwave atau air panas. Lalu, aplikasikan minyak zaitun ke seluruh rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tunggu selama 15 menit lalu keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampo. Rambut Anda akan berkilau, lembut, lebih sehat, dan tidak mudah kusut.

3. Bath Oil
Jika Anda ingin kulit tubuh halus secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bath oil. Beri beberapa sendok minyak zaitun pada bak mandi lalu berendamlah. Atau, gunakan minyak zaitun setelah memakai sabun untuk melembabkan kulit. Anda akan merasakan kulit menjadi sangat lembut seperti kulit bayi.

4. Conditioner Kuku
Minyak zaitun bisa pula menguatkan kuku. Hangatkan minyak zaitun lalu oleskan pada kuku dan kutikula untuk melembutkan dan menguatkannya. Dipakai sebagai pelembut kutikula kuku, minyak zaitun menawarkan manfaat kuku yang sehat, berkilau, dan kuat bila perawatan ini rutin dilakukan setiap seminggu sekali.

5. Masker dan Scrub
Minyak zaitun sering dipakai untuk membuat masker dan scrub alami karena fungsinya yang melembabkan. Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada resep masker dan scrub buatan rumah, seperti scrub lemon. Scrub yang dibuat pun tidak hanya untuk wajah, scrub tubuh, scrub bibir, dan scrub kopi untuk menghilangkan selulit pun bisa menggunakan minyak zaitun.

6. Mengempeskan Jerawat
Banyak yang percaya bahwa minyak zaitun efektif dalam mengempeskan jerawat. Digunakan secara langsung pada daerah berjerawat maupun dibuat masker jerawat, yaitu dicampur dengan bubuk kayu manis dan madu, Anda akan menyaksikan bagaimana minyak zaitun dengan mudah menaklukkan jerawat.

7. Losion Tubuh
Minyak zaitun merupakan pelembab alami yang bisa pula dijadikan losion tubuh. Anda bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti krim cukur untuk melembutkan dan melumaskan kulit sehingga proses pencukuran rambut tidak memberikan iritasi.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar