Sabtu, 05 November 2016

5 CARA MEMELIHARA KESEHATAN KAKI

Seringnya kegiatan yang menuntut para wanita untuk bergerak menjadikan kesehatan kaki sangatlah penting untuk dipedulikan. Tiap kali melangkah, kaki mesti bisa menyokong berat tubuh. Bila sakit, bisa dipastikan akan mengganggu pergerakan. Acapkali seseorang tak memedulikan kesehatan dan kondisi kaki mereka, sekalipun kesehatan kaki pun harus diutamakan.
Pada tiap langkah yang dilakukan, kaki menggunakan jaringan dari tulang, otot, tendon serta ligamen. Kesemuanya disesuaikan dengan bobot yang ditopangnya. Sehingga kaki berisiko mengalami gangguan misalnya sakit pada persendian, patah tulang serta bengkak yang tersebar di seputar kaki sebelah bawah. Kalau tak segera disembuhkan, gangguan pada kaki bisa bertambah parah. Akhirnya rasa sakit dapat menghambat kesanggupan Anda melangkah atau menaiki tangga. rasa sakit ini pun dapat saja berlanjut dan mengakibatkan nyeri lutut, pantat serta punggung. Gangguan tersebut akan terus bertambah parah dan akhirnya mengekang aktivitas keseharian anda.

Sejumlah penyebab bisa menyebabkan nyeri pada kaki atau kebas contohnya olahraga dan kegiatan fisik yang over. Tak menjalankan pemanasan secara betul sebelum olahraga pun bisa mengakibatkan kaki rentan mengalami cidera. Di samping itu, berat badan berlebih serta penggunaan sepatu dengan ukuran tak pas pun bisa jadi pemicu gangguan pada kaki.

Ada sejumlah cara untuk memelihara kesehatan kaki diantaranya adalah :

1. Gunakan sepatu dengan ukuran dan bahan yang sesuai
Coba dulu sepatu yang hendak dibeli dengan memakainya untuk melangkah. Bila memang terasa kekecilan atau tak nyaman dipakai semestinya tak memaksakan diri untuk membelinya sebab akan mengakibatkan lecet di kaki.

2. Bersihkan kaki dengan rutin
Tiap kali usai melakukan kegiatan, budayakan untuk mencuci kaki memakai air hangat dengan sedikit dilakukan scrub. Gosoklah pelan-pelan menggunakan handuk bersih utamanya pada sela-sela jari kaki.

3. Menggunakan kaos kaki yang bersih
Senantiasa mengganti kaos kaki dengan teratur. Bila memang kegiatan ketika itu cukup intens dan kaki menjadi berkeringat, ada baiknya secepatnya mengganti kaos kaki anda. Hal tersebut supaya kelembaban kaki tetap terlindungi dan mencegah timbulnya bau tak sedap pada kaki.

4. Mengerjakan olah raga untuk kaki
Makin sering melakukan olahraga khusus kaki tentu sirkulasi darah pada seputar kaki akan makin lancar dan ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Satu diantara contoh olah raga kaki ialah jalan kaki ringan atau lari-lari.

Kecuali itu Anda dapat melakukan teknik berikut ini : duduk dengan nyaman dan putarlah pergelangan kaki Anda dengan satu arah, selanjutnya memutar ke arah sebaliknya. Lakukan hal ini untuk kedua kaki beberapa kali dan juga rutin dilakukan setiap hari. Olahraga ini akan memfasilitasi peregangan kaki yang akhirnya akan menjadikan kuat kaki anda. Nah mudah kan cara untuk menjaga kaki tetap sehat.

0 komentar:

Posting Komentar