Sabtu, 05 November 2016

5 Penyebab Rasa Kantuk di Siang Hari

Pernahkah Anda merasa sangat mengantuk saat di sekolah atau tempat kerja? Kantuk ini membuat Anda berulang-ulang menguap dan rasanya malas untuk melakukan apapun. Ingin tidur tapi banyak pekerjaan menumpuk yang harus segera diselesaikan.

Biasanya rasa kantuk ini muncul pada siang hari atau setelah makan siang. Bisa saja mengganggu aktivitas karena rasa kantuknya tidak tertahankan dan ingin cepat tidur. Rasa kantuk di siang hari ini memungkinkan mengarah pada gejala mudah lupa atau tertidur waktu yang tidak tepat.
Ada beberapa penyebab mata sering sekali mengantuk di siang hari seperti berikut ini.

1. Pekerjaan
Beberapa pekerjaan atau pilihan kegiatan bisa menyebabkan kantuk di siang hari. Misalnya pekerjaan dengan sistem shift atau bekerja dengan waktu yang sangat lama. Namun, kebanyakan rasa kantuk ini akan berkurang seiring dengan cara tubuh beradaptasi dengan jadwal pekerjaan tersebut.

2. Kondisi Mental
Kondisi mental dan psikologi seseorang juga dapat menyebabkan kantuk. Depresi dapat meningkatkan rasa kantuk di siang hari, setingkat dengan rasa cemas dan stres. Selain itu, kebosanan juga menyebabkan mengantuk. Jika rasa mengantuk Anda disebabkan oleh kondisi semacam ini, kelihatannya Anda sedang merasa lelah dan lesu.

3. Kondisi Kesehatan
Beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan kantuk. Yang paling umum disebabkan oleh diabetes. Kondisi lainnya yang membuat cepat mengantuk adalah hyponatremia dan kondisi lain yang menyebabkan sakit kronis dan mempengaruhi metabolisme tubuh. Kelenjar gondok yang kurang aktif juga menyebabkan kantuk.

4. Obat
Banyak obat seperti antihistamines, tranquilizers, dan obat tidur yang punya efek samping membuat mata mengantuk. Biasanya akan ada peringatan untuk tidak berkendara atau menjalankan mesin selama di bawah pengaruh obat. Konsultasikan pada dokter tentang rasa kantuk yang berkepanjangan karena obat. Dokter akan memberikan resep pengganti atau menyesuaikan dosisnya.

5. Gangguan Tidur
Rasa kantuk yang berlebihan dan terus menerus setiap hari tanpa penyebab yang pasti dapat menunjukkan gejala gangguan tidur. Beberapa gangguan tidur tersebut antara lain insomnia, narcolepsy, dan sleep apnea.

Insomnia merupakan kesulitan dan kekurangan tidur. Sementara narcoplesy adalah gangguan tidur yang ditandai dengan serangan tiba-tiba tertidur pada siang hari. Kemudia, sleep apnea ditandai dengan adanya kesulitan bernafas saat tidur sehingga bangun mendadak dengan frekuensi sangat sering.

Itulah penyebab mengapa Anda sering mengantuk pada siang hari. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar