Sabtu, 05 November 2016

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Malaria

Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Melalui gigitan itu lah virus penyakit malaria masuk ke dalam tubuh. Kebanyakan orang menilai penyakit malaria ini sama dengan penyakit demam berdarah. Banarkah demikian?
Penyakit malaria dan penyakit demam berdarah memang memiliki gejala yang sangat mirip. Namun, sebenarnya dua penyakit tersebut berbeda. Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina, sementara demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Berbeda dengan penyakit lainnya, begitu Anda terjangkiti penyakit malaria, maka virus dari penyakit ini akan kambuh ketika sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan juga kekebalan tubuh.
Berikut gejala malaria yang harus Anda kenali:

1. Demam yang tinggi
Penderita malaria ini akan mengalami demam. Suhu demam akan meninggi di hari pertama. Bahkan, bisa menyebabkan demam otak. Berbeda dengan penderita demam berdarah yang akan mengalami naik turun demam saat fase kritis.

2. Tubuh menggigil
Selain demam, tubuh menggigil juga merupakan gejala lain dari penyakit malaria. Anda harus waspada jika mengalami demam disertai tubuh yang menggigil.

3. Sakit kepala
Gejala penyakit malaria yang lainnya adalah sakit kepala. Virus dari penyakit malaria tersebut akan menginfeksi otak sehingga si penderita akan mengalami sakit kepala saat penyakit malaria itu kambuh.

4. Muntah-muntah
Memuntahkan setiap makanan yang dimakan merupakan gejala dari penyakit malaria. Kondisi ini terjadi apabila penyakit malaria dalam tubuh Anda sudah semakin parah, sehingga Anda pun tidak dapat menelan makanan apapun.

5. Keringat dingin
Gejala dari penyakit malaria itu adalah penderita mengeluarkan keringat dingin dan juga mengigil. Padahal, tubuh tidak sedang dalam kondisi demam.

6. Mudah lelah
Apakah Anda belakangan ini merasa lemah dan mudah lelah yang berlangsung selama berminggu-minggu setelah demam hilang? Itu bisa jadi merupakan gejala dari penyakit malaria. Virus malaria mampu menguras ketahanan fisik Anda

7. Sakit otot
Jika Anda mengalami masalah sakit otot, itu bisa menjadi gejala penyakit malaria. Virus dalam penyakit tersebut telah menarik semua cairan di otot sehingga Anda merasakan nyeri di otot.

8. Batuk kering
Batuk kering juga bisa menjadi gejala dari penyakit malaria. Hal ini karena penyakit malaria akan merampas cairan tubuh Anda sehingga Anda pun mengalami batuk kering.

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar