Rabu, 12 Oktober 2016

10 Makanan Pencegah Osteoporosis

Kini penyakit osteoporosis tidak lagi hanya dialami oleh orang lanjut usia namun anak muda pun bisa terancam risiko penurunan kualitas dan pengurangan massa tulang. Kurang olahraga dan diet yang salah menyebabkan pengeroposan tulang. Anda tidak ingin mengalami penuaan dini dengan menderita osteoporosis di usia muda, bukan?Berikut makanan yang dapat mencegah osteoporosis, Anda wajib mengetahuinya.

1. Kacang Polong
Kacang polong tinggi akan kandungan vitamin K, nutrisi yang secara tidak langsung mengaktifkan osteocalcin, yakni protein utama pada tulang yang menjaga molekul kalsium. Tinggi pula akan vitamin B6 dan folat, dua nutrisi yang menghalangi homocysteine, molekul jahat yang mencegah kolagen dalam pembentukan matrik tulang. Dibekukan atau dikalengkan, kacang polong enak untuk dimakan.

2. Brokoli
Brokoli mengandung banyak magnesium, kalsium, vitamin K, folat, dan vitamin B6. Kandungan vitamin C yang tinggi juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Sayuran ini tentu wajib Anda konsumsi untuk kesehatan tulang Anda.

3. Sawi
Sawi mempunyai kadar air yang tinggi sehingga kandungan nutrisinya rendah. Walaupun begitu, sawi mengandung trifecta yang sangat penting bagi kesehatan tulang. Trifekta terdiri dari kalsium, vitamin K1, dan boron.

4. Kubis
Vitamin K, folat, dan B6 mudah ditemukan pada kubis dan bermanfaat untuk tulang. Vitamin C-nya pun meningkatkan penyerapan kalsium.

5. Bayam
Tdak diragukan lagi kandungan vitamin K dan folat, bersama dengan vitamin B6, magnesium, dan kalsium, bayam cocok dijadikan makanan yang rutin dikonsumsi sehari-hari guna mencegah datangnya osteoporosis.

6. Teh Hijau
Teh hijau mengandung zat esensial untuk kesehatan tulang dan memberi manfaat alkalizing pada jaringan tulang. Minumlah dua hingga tiga gelas teh hijau per hari untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh. Hindari minum dengan banyak gula atau pemanis buatan karena berdampak negatif pada tubuh.

7. Asparagus
Sayur dengan kandungan nutrisi seimbang ini merupakan sumber yan baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Dijadikan teh atau dimasak, asparagus tetap lezat dikonsumsi.

8. Oat
Oat menyediakan komponen mineral yang sangat diperlukan tulang. Namun hindari oat instan karena mengandung minyak dan pengawet.

9. Peterseli
Tinggi akan vitamin K dan folat, peterseli merupakan salah satu sayuran penguat tulang. Vitamin K mencegah reaksi berlebihan osteoclast, yaitu sel yang memecah tulang dan melepaskan mineral ke darah. Probiotik, bakteri baik pada saluran pencernaan, mengubah beberapa vitamin K1 menjadi vitamin K2 yang mengaktifkan osteocalcin, yakni protein utama pada tulang yang menjaga molekul kalsium pada tulang.

10. Lemon
Vitamin C pada lemon membantu penyerapan kalsium lebih mudah. Serta kandungan mineral di dalamnya sangat baik nagi kesehatan tulang.

0 komentar:

Posting Komentar