Rabu, 04 Januari 2017

11 Makanan untuk Menghilangkan Rasa Pedas

Apakah Anda termasuk penyuka makanan pedas? Makanan dengan tambahan potongan cabai atau saus sambal memang menggugah selera. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat perut menjadi mulas dan mulut terasa terbakar karena kepedasan.
Banyak orang mencoba menghilangkan sensasi terbakar itu dengan air dingin. Padahal, capcaisin yang terkandung dalam cabai merupakan minyak yang sifatnya tidak bersahabat dengan air. Minum segelas air es pun hanya menyebabkan rasa pedas semakin menyebar dan rasa panas yang lebih parah dalam mulut.
Lantas, apa yang harus dilakukan saat mulut kita kepedasan? Setidaknya ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi rasa pedas, berikut daftarnya:

1. Teh hangat
Mengonsumsi teh hangat sehabis menyantap makanan pedas sangat efektif untuk mengurangi sensasi terbakar di mulut. Hal ini karena terjadi pelebaran pembuluh darah di mukosa yang menyebabkan suplai oksigen kembali lancar. Hal yang sama juga berlaku jika kita mengonsumsi air putih hangat.

2. Air kelapa
Kandungan elektrolit dalam air kelapa juga berfungsi sebagai penetral racun dan mengikat capcaisin untuk larut dan masuk ke dalam lambung. Sebaiknya air kelapa dikonsumsi tanpa tambahan batu es agar hasilnya lebih efektif.

3. Susu
Segelas susu sebagai penawar pedas juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Didalam susu, terdapat senyawa casein yang bersifat mengikat capcaisin sehingga mulut pun tidak akan lagi merasakan panas yang menyengat. Rasa pedas pun akan terguyur ke lambung setelah menenggak segelas susu.

4. Es krim
Penganan manis ini juga dapat menetralisir rasa pedas di mulut. Selain rasanya yang manis, sensasi dingin yang ditawarkan es krim mampu melegakan serta mendinginkan mulut yang terbakar.

5. Yogurt
Rasa pedas bisa dilawan dengan rasa asam. Karena itu, mengonsumsi yogurt setelah menyantap makanan pedas sangat dianjurkan. Olahan fermentasi susu ini juga dapat melancarkan pencernaan dan perut mulas akibat konsumsi makanan pedas.

6. Lemon
Prinsip yang sama dengan yogurt, rasa asam dari buah lemon dapat menetralisir rasa pedas. Istirahatakan mulut dan lidah sejenak setelah mengonsumsi makanan pedas, kemudian minumlah air perasaan lemon atau lemon squash untuk meredakan rasa terbakar di mulut.

7. Mentimun
Makanan bersambal biasanya disajikan bersama lalapan dan irisan mentimun. Sayuran ini pun ternyata juga dapat membantu menghilangkan rasa pedas dan panas tersebut. Kandungan air didalamnya diyakini dapat menetralisir capcaisin dari cabai.

8. Selai kacang
Sama seperti susu, selai kacang juga mengandung senyawa casein yang mampu mengikat capcaisin dan menghilangkan rasa panas di mulut secara instan. Saat kepedasan, konsumsi saja satu sendok selai kacang dan kunyah secara perlahan agar menyebar di mulut.

9. Nasi
Kandungan glukosa dalam nasi mampu menyeimbangkan rasa pedas dari capcaisin. Caranya, cukup ambil sedikit nasi dan kunyah secara perlahan dan lebih lama sampai rasa pedas hilang. Hal yang sama juga berlaku jika mengonsumsi roti.

10. Garam
Sejumput garam juga efektif untuk mengatasi sensasi panas akibat kepedasan. Hal ini karena saat mengonsumsi makanan pedas, pori-pori di lidah kita terbuka lebar. Mengonsumsi garam pun bertujuan untuk menutup pori-pori tersebut sehingga kita tidak merasa kepedasan lagi.

11. Mouthwash
Memang bukan termasuk dalam kategori makanan. Namun, berkumur dengan mouthwash sehabis menyantap makanan pedas dapat mengusir sensasi panas dan terbakar di mulut dengan cepat. Kandungan alkohol didalamnya pun diyakini sebagai penetralisir capcaisin.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar