Sabtu, 10 Desember 2016

Temukan petunjuk sisa usia kamu melalui air liur

Pernah merasa penasaran dengan panjang usia yang bisa kamu nikmati? Atau apakah kamu membutuhkan peringatan sejak dini untuk bisa menikmati usia yang panjang dalam kondisi yang sehat? Salah satu petunjuk yang cukup jelas yang bisa kamu ketahui adalah sari pola makan yang kamu terapkan setiap harinya. Tetapi, terkadang kamu bisa juga menemukan petunjuk-petunjuk di tempat lain yang tidak pernah kamu duga. Misalkan saja seperti melalui kondisi air liur kamu. Tak percaya? Tim peneliti dari University of Birmingham akan menunjukkannya pada kamu.
Belum lama ini, tim penelitian tersebut menemukan keterkaitan antara air liur dengan risiko kematian. Mereka menemukan bahwa tingkat antibodi rendah dalam air liur terkait dengan peningkatan risiko kematian dan berfungsi sebagai indikator awal risiko kematian. Para peneliti melakukan pengamatan pada 639 orang yang berusia minimal 63 tahun dengan mengambil sampel air liur mereka pada tahun 1995. Sampel tersebut digunakan untuk melihat tingkat sekresi imunoglobulin A atau IgA. Imunoglobulin A atau dikenal juga dengan antibodi adalah protein yang mensekresi sel darah putih. Ini sangat penting untuk memerangi penyakit menular.

Setelah 19 tahun kemudian para peserta tersebut diperiksa mengenai tingkat kematian yang diukur berdasarkan jenis kelamin, kelompok kerja, merokok, dan juga penggunaan obat-obatan. Akhirnya peneliti menemukan hubungan negatif antara tingkat sekresi IgA dengan penyebab kematian peserta penelitian. Analisis yang para peneliti lakukan menunjukkan hubungan semua penyebab tersebut berkaitan dengan kematian karena kanker, terutama kanker non paru-paru.

Para peneliti menjelaskan seperti yang dilansir melalui medicaldaily.com, bahwa ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi produksi serta menjaga kadar antibodi. Ada beberapa faktor yang berada di luar kontrol tubuh seperti usia, sakit, tetapi keadaan umum kesehatan tubuh juga dapat memengaruhi antibodi. Selain itu, stres, diet, olahraga, alkohol dan rokok juga dapat memengaruhi kondisi antibodi.

Peneliti mengatakan bahwa perlu penyelidikan lebih lanjut untuk menggunakan sampel air liur sebagai bahan check up. Ini karena peneliti harus memahami jalur di mana tingkat sekresi harus dianggap sebagai penyebab kondisi tersebut. Jika antibodi ditemukan sangat rendah, ini akan menjadi indikator awal yang menunjukkan risiko. Para peneliti berencana untuk menindaklanjuti dan menyelidiki hubungan antara temuan mereka dengan penyakit menular.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar