Sabtu, 10 Desember 2016

6 Kebiasaan pakai gadget ini bisa ancam kesehatan tubuh

Beberapa tahun terakhir, sangat sulit untuk menjauhkan diri kita dari pengaruh teknologi. Untuk hanya sekedar menguranginya, pasti butuh waktu berminggu-minggu untuk mulai terbiasa, terutama anak muda.
Teknologi memang memiliki fungsi yang sangat baik, namun teknologi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, teknologi bisa membuat Anda tidak sadar jika menyebabkan pola tidur buruk, mata bermasalah, dan masih banyak lagi.

Berikut 6 kebiasaan menggunakan gadget yang berakibat buruk bagi kesehatan, seperti dilansir dari Cheat Sheet.

1.Menonton TV sebelum tidur
Hal yang paling biasa dilakukan adalah menonton TV sebelum tidur. Hal ini dianggap biasa saja, padahal bisa berdampak negatif pada tidur Anda. Cahaya terang dari TV merangsang otak, dan bisa mempengaruhi sekresi melatonin, hormon yang diperlukan, serta kualitas tidur.

Banyak orang yang tertarik terus menonton TV karena acara yang ditampilkan bagus. Untuk mengatasi hal ini, Sleep Rate merekomendasikan agar Anda mengatur TV agar mati sendiri sebelum acara yang Anda tonton berakhir. Dengan cara ini, Anda bisa tidak tergoda untuk menonton TV lebih lama.

Menonton TV boleh saja sebagai hiburan untuk Anda, tetapi harus bisa membatasi. Anda bisa menonton TV beberapa jam sebelum tidur jika ingin kesehatan Anda tidak terganggu.

2.Banyak teknologi yang berbahaya di kamar
Jika Anda memiliki laptop, TV, tablet, smartphone, di dalam kamar Anda, bisa jadi pola tidur Anda selama ini berbahaya. Anda akan susah untuk tidur nyenyak karena pada dasarnya sesuatu yang bersinar ketika kita tidur, akan mengganggu melatonin manusia.

Selain itu, bermain video game atau menggunakan komputer sebelum tidur, bisa menyebabkan tubuh tegang. Ketegangan tersebut bisa menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon kortisol yang menyebabkan Anda merasa tidak mengantuk. menurut Web WD, kita harus menjauhkan diri kita dari gadget apapun minimal 15 menit sebelum tidur.

3.Memakai tablet
pengguna tablet sering memakai tablet di pangkuan, serta menyebabkan otot leher tegang karena menatap pada tablet terus. Biasanya, ketika kita menempatkan tablet di pangkuan, otomatis kepala kita akan menunduk melihat tablet tersebut selama beberapa waktu, sehingga otot leher merasa sangat berat.

Anda bisa meletakkan tablet Anda ke meja, agar postur tubuh Anda bisa netral dan tidak membebani otot leher. Anda juga harus sering bergerak jika Anda menatap gadget lama.

4.Duduk dengan posisi buruk di depan laptop
Banyak pekerjaan atau tugas yang mengharuskan Anda untuk duduk di depan laptop atau desktop selama berjam-jam lamanya. Jika Anda duduk dengan posisi tubuh yang buruk, maka akan memperburuk efeknya.

PC World mengatakan bahwa postur tubuh yang buruk ketika duduk di depan komputer bisa menyebabkan sindrom carpal tunnel. Untuk mengobati sindrom ini, Anda harus melakukan pembedahan. Seram sekali bukan?

Anda harus bisa menempatkan posisi yang tepat antara tempat duduk, komputer, dan juga keyboard.

5.Terlalu sering melihat update terbaru
Anda mungkin penggemar berbagai media sosial dan aplikasi chatting yang menampilkan update terbaru. Jika memang benar, Anda sebaiknya memulai untuk menguranginya. Bukan hanya tidak baik untuk tubuh karena sering terpapar cahaya gadget, namun juga bisa mempengaruhi emosional.

Melihat update orang lain yang negatif, bisa membuat Anda terpengaruh dan merasakan mood yang buruk juga. Ada baiknya juga untuk Anda tidak selalu update tentang status atau tweet yang terlihat pada news feed media sosial atau aplikasi chatting.

6. Tidak istirahat dan terus di depan gadget
Anda pasti tahu bahwa menatap komputer atau laptop secara terus menerus itu tidak baik? Untuk itu, Anda harus meluangkan waktu untuk istirahat. Sendi, otot, sistem peredaran darah, dan mata pasti memerlukan istirahat. Anda juga butuh pemandangan yang lain, bukan hanya pancaran cahaya komputer.

Duduk selama berjam-jam bisa menyebabkan darah menggumpal, serta menatap layar secara terus menerus juga sangat membahayakan bagi mata. Anda bisa mengatur setiap berapa menit harus mengalihkan pandangan dari komputer dan meregangkan otot-otot Anda. Anda juga harus ingat untuk minum secara teratur walaupun Anda sedang sibuk. Banyak minum juga membuat Anda sering ke kamar mandi, sehingga Anda ada waktu untuk istirahat.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar