Jumat, 02 Desember 2016

Bernapas terlalu cepat bisa bahayakan kesehatan

Apakah Anda sering menarik napas dan menghembuskannya cepat-cepat? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bisa jadi cara Anda bernapas itu malah berbahaya bagi kesehatan Anda.
Dilansir dari Washington Post, Patrick McKeown direktur dari Buteyko Clinic International menyatakan bahwa masalah terbesar bagi kesehatan tubuh adalah bernapas terlalu banyak. Perilaku ini disebut dapat memicu kecemasan berlebih, asma, kelelahan, insomnia, masalah jantung dan bahkan obesitas.

Ketika menghembuskan napas, tubuh manusia mengeluarkan karbon dioksida. Proses bernapas yang terlalu banyak membuat tubuh kehilangan karbon dioksida lebih cepat dari yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Teori ini berdasar pada metode dari Konstantin Buteyko, seorang dokter dari Rusia yang menemukan salah satu cara menangani penyakit asma.

McKeown menyarankan agar orang tidak bernapas terlalu banyak dalam tempo yang cepat. Kegiatan yang disarankan agar bernapas dalam tempo yang tepat antara lain berlatih menahan napas lebih lama, menarik napas dalam-dalam, serta menutup mulut ketika tertidur di malam hari. Selain itu bernapas lebih pelan juga biasa digunakan untuk menenangkan pikiran dan sebagai relaksasi.

Maka mulai cobalah untuk bernapas pelan-pelan karena lebih sehat dan menenangkan.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar