Sabtu, 26 November 2016

Jangan terlalu pelit agar tubuh selalu sehat

Menjadi dermawan ternyata tak hanya bisa memberikan manfaat untuk orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri. Sebuah penelitian mengungkap adanya kaitan antara sikap dermawan dengan kesehatan. Sikap dermawan diketahui bisa membantu meningkatkan kesehatan, terutama mencegah stres dan menurunkan tekanan darah.
Dalam penelitian ini, Baris K Yoruk, seorang profesor dari Albany-SUNY, menganalisis tingkat kedermawanan antara tahun 2001 hingga 2007 dan kesehatan partisipan pada waktu yang sama. Hasilnya menunjukkan kaitan yang kuat antara sikap dermawan dengan kesehatan mereka, seperti dilansir oleh You Beauty.

Partisipan yang memberikan donasi lebih banyak diketahui memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang memberikan donasi lebih sedikit dan mendapatkan subsidi melalui pajak yang dikembalikan pada mereka. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa orang yang memberikan donasi lebih banyak berisiko lebih sedikit terkena penyakit paru-paru, arthritis, dan masalah psikologis.

Peneliti mengakui bahwa efek sikap dermawan pada kesehatan memang tak begitu besar, namun memang terdapat kaitan yang jelas antara keduanya. Jadi tunggu apa lagi? Sikap dermawan tak hanya membuat Anda bisa membantu orang yang membutuhkan melainkan juga bisa memberikan manfaat kesehatan untuk diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar