Sabtu, 26 November 2016

Ikan fugu kini mulai dimanfaatkan sebagai obat bius

Ikan kembung jepang atau dikenal juga dengan ikan fugu telah lama dikenal sebagai ikan yang memiliki kandungan racun di dalamnya. Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa racun yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi pengobatan.
Dilansir dari Fortune, sebuah perusahaan farmasi yang bernama Astellas Pharma mencoba memanfaatkan racun dari ikan fugu sebagai obat bius. Perusahaan ini tengah mengembangkan terapi baru untuk kondisi neuropathic dan sakit lainnya. Demi tercapainya tujuan ini, Astellas Pharma bekerjasama dengan perusahaan lain yang bernama Chromocell.

Racun yang berasal dari ikan fugu atau biasa disebut sebagai tetrodoxin dapat mengganggu pengiriman rangsang ke otak. Keracunan ikan ini dapat berujung kematian karena tertutupnya beberapa sel syaraf. Astellas Pharma coba memanfaatkan efek dan mengurangi dosis dari tetrodoxin untuk membuat sebuah obat bius yang dapat berguna mengurangi rasa sakit.

Jika eksperimen ini berhasil, maka hal ini dapat membuat ikan fugu jadi lebih bermanfaat dan tidak dipandang terlalu berbahaya lagi.

0 komentar:

Posting Komentar