Sabtu, 26 November 2016

Alasan 4 makanan ini tidak butuh kulkas

Secara umum, orang-orang memandang bahwa semua bahan makanan bisa disimpan dalam kulkas. Suhu dingin membantu makanan tersebut untuk dapat bertahan lebih lama. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ternyata beberapa makanan justru akan lebih awet dan enak jika disimpan pada suhu ruangan. Mau tahu alasannya? Simak sama-sama, yuk!
1. Biji kopi
Ahli kopi Starbuck, Cohen mengatakan bahwa ada empat hal yang bisa merusak kualitas kopi, yaitu oksigen, cahaya, panas dan kelembapan. Udara dingin tidak ada dalam daftar tersebut, lalu mengapa biji kopi tidak membutuhkan kulkas? Jadi, alasannya adalah saat kamu membuka wadah kopi untuk mengambil isinya, kamu membiarkan udara yang lembap memengaruhi biji kopi.

Cara tersebut mengurangi kadar minyak dalam kopi dan membuat rasanya menjadi tidak enak. Nah, untuk menjaga agar biji kopi tetap enak, maka kamu bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara dengan warna yang buram, serta menggunakan suhu ruangan.

2. Tomat
Seperti halnya dengan buah yang lain, kamu pasti sangat senang menyantap buah tomat dingin yang baru saja kamu keluarkan dari kulkas, bukan? Atau itu adalah salah satu cara yang kamu lakukan untuk membuatnya bisa bertahan lebih lama. Tetapi Scott Daigre dan Jehn Garbee yang merupakan penulis Tomatomania menyarankan agar tomat jangan disimpan dalam kulkas.

Menurut mereka, temperatur dingin membuat buah tomat berbulir halus, bertepung dan menghasilkan rasa yang hambar. Bagi kamu yang ingin mengawetkannya, kamu bisa membekukan tomat dalam freezer. Tetapi cara ini tidak disarankan buat kamu yang ingin menyantap buah tomat segar. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menyimpan tomat yang akan kamu gunakan untuk membuat saus, sup atau olahan makanan lainnya. Saat kamu ingin membekukan tomat, pertama simpanlah tomat dalam sebuah wadah tertutup saat membekukannya.

3. Potongan roti
Menyimpan potongan roti di kulkas adalah cara yang mudah untuk membuatnya rapuh dan lembek. Roti potong (seperti roti tawar) sangat rentan dengan suhu dingin. Akan sangat baik jika kamu menyimpannya pada suhu ruangan saja. Tetapi jika kamu ingin menyimpan roti dalam kulkas, kamu bisa meletakkan pada freezer. Ketika kamu ingin menyantapnya, biarkan dia mencair secara alami pada suhu ruangan. Hindari mencairkannya dengan cara instan (misal dengan menggunakan microwave).

4. Terong
Harold McGee dalam bukunya yang berjudul "On Food and Cooking"menjelaskan bahwa kulkas tidak baik bagi makanan yang tumbuh pada suhu yang hangat. Bahan makanan seperti brokoli, seledri, wortel dan sayuran lainnya yang memang berasal dari iklim dingin bisa disimpan dalam kulkas. Tetapi, sayuran yang berasal dari iklim tropis dan subtropis seperti terong, labu, mentimun, paprika dan kacang lebih baik disimpan pada suhu ruangan.

Nah, sekarang sudah tahu alasannya, kan? Ternyata, tidak semua bahan makanan yang kamu punya bisa disimpan dalam kulkas. Ini bukan berarti kamu dilarang untuk menyimpan mereka dalam kulkas. lo! Tetapi, demi mendapatkan kualitas rasa yang baik, kamu sebaiknya menghindari menyimpan mereka dalam kulkas.

0 komentar:

Posting Komentar