Selasa, 15 November 2016

8 Makanan untuk Memperlancar ASI

ASI (Air Susu Ibu) sangat baik diberikan pada si bayi. Setelah dilahirkan, sebaiknya sang ibu memberikan ASI eksklusif pada anaknya selama enam bulan.

ASI merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan pada bayi untuk perkembangannya. Namun, nampaknya masih ada sejumlah ibu yang tak memberikan ASI eksklusif pada anaknya dikarenakan beberapa hal, seperti sibuk bekerja, ASI tidak lancar, dan lain sebagainya.

Berbagai hal tersebut sebenarnya memiliki solusi. Bagi Anda para ibu yang sibuk bekerja, bisa baca tips cara memberikan ASI untuk wanita karier. Sedangkan bagi ibu yang ASI nya tidak lancar bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Salah satu makanan yang sudah banyak diketahui orang untuk memperlancar ASI adalah daun katuk. Tak hanya itu saja, tapi masih ada makanan lain yang bisa Anda konsumsi agar ASI lancar dan si anak bisa menjadi lebih sehat. Makanan apa saja?

1. Wortel
Wortel mengandung fitoestrogen yang sangat penting bagi ibu menyusui. Selain itu, beta karoten dan vitamin A yang ada di dalamnya juga penting untuk menjaga energi ibu yang sedang menyusui.

2. Bayam
Sayur yang memiliki sumber vitamin K, A, dan asam folat ini baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu, kandungan fitoestrogen-nya juga membantu meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang ASI agar keluar lebih lancar.

3. Pepaya
Pepaya jika dikonsumsi saat sedang menyusui bisa meningkatkan jaringan payudara dan laktasi sehingga ASI si ibu lebih lancar. Hal tersebut didapat dari kandungan yang ada di dalam pepaya yaitu enzim dan fitokimia.

4. Oatmeal
Selain untuk menurunkan kadar kolesterol, oatmeal juga bisa membantu tubuh si ibu yang baru melahirkan menjadi lebih rileks. Hal ini juga membantu tubuh melepaskan oxytocin yaitu hormon yang terlibat dalam produksi susu dari si ibu.

5. Beras merah
Karbohidat kaya akan karbohidrat kompleks yang membantu untuk menjaga tingkat energi ibu menyusui. Selain itu, kandungan vitamin yang ada pada beras merah juga memicu sekresi prolaktin yang bisa memperlancar ASI.

6. Salmon
Ikan merupakan salah satu makanan terpenting untuk si ibu menyusui. Ikan yang baik untuk dimakan adalah salmon. Kandungan asam lemaknya bisa memberikan dorongan untuk pasokan susu dari ibu menyusui. Selain itu, dengan memakan salmon kualitas susu juga menjadi lebih bergizi untuk si bayi.

7. Aprikot
Aprikot mengandung tryptophan yang bisa meningkatkan tingkat prolaktin. Buah yang satu ini tinggi serat, vitamin, dan kalsium. Ketahuilah bahwa makanan yang kaya akan kalsium sangat baik dikonsumsi untuk membantu memproduksi ASI.

8. Asparagus
Kandungan yang ada di dalam asparagus sangat penting dalam mempertahankan pasokan susu yang sehat pada ibu menyusui. Selain itu, kandungannya juga bisa membantu meningkatkan pasokan ASI.

Itulah makanan yang bisa Anda konsumsi saat menyusui. Sebaiknya, konsumsilah beberapa makanan di atas agar ASI lancar dan bayi mendapatkan ASI yang berkualitas baik.

0 komentar:

Posting Komentar