Selasa, 15 November 2016

Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anda Bodoh

Makan merupakan kebiasaan yang harus dilakukan setiap orang untuk membuatnya jadi bisa bertahan hidup dan berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Walaupun itu alasannya, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsi atau melahap makanan apa saja.
Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. Selain tak memiliki gizi yang baik bagi tubuh, juga bisa menurunkan kecerdasan otak atau bikin Anda bodoh.

Jadim, bukan hanya ada makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak, tapi juga ada makanan yang bisa menurunkan kemampuan berpikir seseorang. Selain makanan, ada juga beberapa minuman yang sebaiknya Anda hindari. Penasaran makanan dan minuman apa saja?

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, inilah makanan dan minuman yang bisa bikin Anda bodoh:

1. Makanan yang manis
Nampaknaya hampir semiua orang menyukai makanan yang manis, seperti aneka jenis kue, cokelat, permen, dan lain sebagainya. Tapi, ketahuilah bahwa sebenarnya makanan yang manis itu berbahaya bagi otak. Hal tersebut dikarenakan tingginya zat fruktosa sehingga menimbulkan masalah neurologis.

2. Makanan cepat saji
Banyak sekali makanan cepat saji yang bisa memanjakan lidah dan membuat ketagihan. Makanan cepat saji memang disukai banyak orang di berbagai negara. Namun ketahuilah bahwa makanan itu bisa menyebabkan Anda mengalami obesitas. Selain itu, makanan siap saji atau disebut juga dengan junk food bisa mempengaruhi dopamin di dalam otak yang mendukung fungsi kognitif, memori, kewaspadaan, dan motivasi.

3. Makanan olahan dan gorengan
Ketahuilah bahwa hampir semua makanan olahan mengandung bahan kimia berbahaya, seperti zat pewarna, zat adiktif, perasa buatan, dan pengawet yang tentunya sangat berbahaya bagi organ tubuh manusia. Kandungan berbahaya itulah yang mempengaruhi fungsi kognitif otak. Begitupun dengan gorengan. Makanan tersebut juga bisa meningkatkan risiko gangguan otak degeneratif, seperti alzheimer.

4. Rokok atau nikotin
Zat yang satu ini bukanlah makanan atau minuman, tapi sering dikonsumsi oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Rokok atau nikotin nbisa mempengaruhi produksi dan fungsi neutrotransmitter yangmana memiliki fungsi membedakan fungsi dari berbagai jaringan otak.

5. Alkohol
Mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung alkohol berlebihan bisa membahayakan fungsi hati. Selain itu, alkohol juga bisa menurunkan kecerdasan otak atau bikin Anda bodoh.

Itulah makanan dan minuman yang bisa bikin Anda bodoh. Bukan tak boleh mengonsumsinya, namun Anda disarankan untuk bisa menguranginya. Untuk mendapatkan tubuh sehat dan otak yang cerdas, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar