Senin, 17 Oktober 2016

MENGATASI KULIT KERING PADA WAJAH

Terdapat beberapa jenis kulit yang dimiliki manusia, yaitu normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Nah, jika Anda memiliki jenis kulit yang kering, tentunya Anda memerlukan beberapa langkah khusus untuk mengatasinya. Simak saja cara mengatasi kulit kering pada wajah berikut ini.
1. Menggunakan Pelembab Khusus
Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, itu artinya Anda pun memiliki kebutuhan khusus untuk merawat kulit Anda. Untuk kulit yang kering, Anda tentunya harus menggunakan pelembab untuk menjaga dan mengunci kelembaban kulit wajah Anda. Pelembab juga akan melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari yang justru dapat membuat kulit wajah semakin kering. Pelembab sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, dan jangan sungkan untuk mengulangi pemakaian di siang hari atau tengah hari. Jangan lupa untuk memilih pelembab yang diformulakan khusus untuk jenis kulit kering. Umumnya, pelembab untuk kulit kering ini mengandung minyak yang tinggi, di mana minyak mampu mengikat air agar menjaga kelembaban kulit wajah.

2. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup
Kulit kering bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa saja kulit kering disebabkan oleh faktor genetis, namun bisa juga disebabkan oleh dehidrasi alias kekurangan cairan pada tubuh. Nah, untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh, Anda harus mengonsumsi air putih yang cukup. Dehidrasi akan menyebabkan penguapan berlebih pada tubuh, termasuk pada kulit, sehingga dapat mengambil kelembaban pada kulit. Selain melembabkan kulit, air putih juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Anda, sehingga bisa menjadi bonus yang menyenangkan.

3. Gunakan Busana Tertutup
Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali menggunakan pakaian yang terbuka. Namun jika Anda memang memiliki tipe kulit yang kering, sebaiknya gunakan busana yang lebih tertutup saat hendak pergi ke luar ruangan, apalagi jika Anda akan beraktivitas banyak di luar ruangan. Paparan sinar matahari akan dapat mengenai kulit Anda secara langsung saat Anda mengenakan busana yang terbuka. Busana yang tertutup setidaknya bisa menjadi pelindung pertama bagi kulit Anda terhadap paparan matahari. Sedangkan untuk melindungi kulit wajah yang kering, Anda bisa mengenakan topi atau masker.

4. Mengurangi Intensitas Cuci Muka
Jika Anda gemar mencuci wajah karena ingin terus ‘membasahi’ wajah Anda yang kering, Anda salah! Sebaliknya, Anda malah dapat membuat kulit wajah Anda semakin kering. Untuk mengatasi kulit kering pada wajah, Anda harus mengurangi intensitas mencuci wajah, atau setidaknya mengontrol intensitasnya agar tetap normal. Mencuci wajah berlebihan justru dapat mengambil kelembaban alami wajah dan menjadikannya kering. Jika sudah begitu, kulit wajah Anda yang kering bisa menjadi lebih parah dan bahkan menyebabkan iritasi.

5. Kurangi Durasi Mandi
Selain intensitas mencuci wajah, Anda juga harus mengurangi durasi mandi Anda. Mengapa? Saat mandi, Anda akan menggunakan banyak air, di mana air dapat memengaruhi kelembaban pada kulit. Penggunaan air saat mandi dapat melunturkan minyak alami pada kulit wajah, sehingga kulit wajah bisa menjadi lebih kering.

6. Gunakan Sabun Cuci Wajah Khusus
Sama halnya seperti pelembab kulit wajah, Anda juga harus memilih sabun cuci wajah yang khusus diformulasikan untuk tipe kulit kering. Saat ini sudah banyak tersedia produk cuci wajah untuk masing-masing tipe kulit wajah di pasaran. Cermati kandungan apa saja yang dimiliki sabun cuci muka yang akan Anda pilih, dan pastikan bahwa kandungan tersebut tidak akan memperparah kulit kering Anda, dan sebaliknya, dapat mengatasinya dan mengembalikan kelembaban alami wajah.

7. Keringkan Wajah dengan Menepuk
Sehabis mandi atau cuci muka, Anda pastinya menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Namun cara Anda mengeringkan wajah bisa memengaruhi kelembaban kulit wajah, lho. Jika Anda ingin mengeringkan wajah setelah mencuci wajah, sebaiknya lakukan dengan menepuk-nepuk lembut kulit wajah dengan handuk. Jangan menggosoknya dengan kasar karena dapat membuat kulit wajah Anda semakin kering.

Nah, itulah beberapa kiat untuk mengatasi kulit kering pada wajah. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan masker alami yang aman dan ramah pada kulit wajah Anda. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar