Kamis, 06 Oktober 2016

Cara Mengatasi Kram Perut

Beberapa wanita sering mengalami kram perut saat sedang menstruasi. Meskipun cukup menyiksa, rasa sakit yang muncul di bagian perut itu merupakan hal yang wajar terjadi, selama rasa sakitnya bisa ditahan.

Kram perut memang sudah umum terjadi pada wanita saat menstruasi. Karena rasa sakit ini, terkadang wanita sampai tidak bisa melakukan aktivitas normal seperti hari biasanya. Banyak yang mengaku tersiksa karena kram perut tersebut.

Meskipun demikian, beberapa wanita ada yang tidak pernah mengalami kram perut saat menstruasi. Bagi Anda yang masih sering mengalami kram perut saat menstruasi, berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meringankan rasa sakitnya.

1. Makanan/minuman yang hangat
Makanan atau minuman hangat akan membantu menenangkan tubuh dan meredakan rasa sakit karena kram perut. Bila sedang menstruasi atau menjelang menstruasi, disarankan untuk banyak mengonsumsi sesuatu yang hangat.

2. Sayuran berdaun hijau
Wanita yang terkena kram perut biasanya mengalami kekurangan magnesium. Sebaiknya Anda konsumsi banyak sayuran berdaun hijau seperti bayam yang mengandung banyak magnesium untuk “pelemas” otot alami.

3. Makan buah-buahan
Pilih buah yang mengandung banyak anti oksidan maupun vitamin agar rasa sakit karena kram perut bisa berkurang. Buah juga bermanfaat untuk memenuhi serat dalam tubuh. Agar tidak berlebihan, imbangi juga dengan konsumsi sayuran.

4. Minum air putih
Air putih bermanfaat untuk menjaga kadar air dalam tubuh saat menstruasi. Selain itu, banyak minum air putih juga bisa membantu kinerja liver. Dengan demikian, hormon estrogen penyebab kram perut bisa lebih seimbang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meringankan sakit kram perut. Jika rasa sakit itu sudah tidak tertahankan lagi, segera periksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi, kram perut itu merupakan tanda Anda tidak sehat.

0 komentar:

Posting Komentar