Kamis, 06 Oktober 2016

3 Makanan untuk Mencegah Bau Mulut

Halitosis atau nafas tidak sedap bisa saja dialami oleh seseotang jika dirinya jarang menggosok gigi, mengonsumsi makan-makanan tertentu yang memicu bau, merokok, ada masalah pada pencernaan, dan sedang berpuasa.
Selama menjalankan ibadah puasa, terkadang seseorang meraskan pahit pada mulutnya dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika sudah merasakan hal seperti itu, maka bisa membuanya jadi kurang percaya diri. Apalagi jika ingin berbicara dengan rekan kerja atau klien.
Lalu, kenapa bisa timbul napas tak sedap saat sedang berpuasa?

napas tak sedap itu dikarenakan adanya bakteri-bakteri di dalam mulut dan lambung yang sedang berpesta pora dengan makanan yang tertinggal di dalam perut yang kemudian tidak segera diregenerasi karena tidak makan dan minum.
Namun, ada cara untuk mencegah bau mulut. Selain menjaga kebersihan mulut pada saat berpuasa, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu agar napas tetap segar selama berpuasa. Makanan apa saja yag bisa dikonsumsi?

Inilah 3 makanan untuk mencegah bau mulut:

1. Tomat
Tomat mengandung ion-ion yang bisa mengurangi bau sulfur dan bau tak sedap pada napas. Untuk mencegah bau napas tak sedap, Anda bisa mengonsumsi tomat sebanyak 2-3 buah. Jika tak suka memakannya langsung, maka Anda bisa mencampurkannya pada sayur atau dijadikan jus.

2. Wortel
Selain tomat, Anda juga bisa mengonsumsi wortel mentah untuk mengurangi bau mulut, terutama yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan di sela gigi. Serat wortel merupakan sikat gigi alami yang aman untuk membersihkan gigi dan gusi dengan cara efektif.

3. Yoghurt
Mengonsumsi yoghurt saat menjalankan ibadah puasa mampu membantu membunuh bakteri jahat di dalam mulut dan pencernaan. Namun, yoghurt yang bisa Anda konsumsi sebaiknya yang tidak memiliki rasa saja atau plain karena tidak tercampur dengan pemanis buatan. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa makan yoghurt setiap hari bisa mengurangi tingkat penyebab bau mulut.

Itulah 3 makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah bau mulut. Selama berpuasa, pastikan Anda mengonsumsinya saat sahur ataupun berbuka puasa. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih percaya diri untuk berbicara di hadapan orang banyak.

0 komentar:

Posting Komentar