Kamis, 06 Oktober 2016

5 Gejala Awal Kanker Tenggorokan

Walaupun jarang terjadi di Indonesia, namun kanker tenggorokan sangat perlu untuk diwaspadai. Terlebih bagi mereka yang merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan mereka yang bekerja di SPBU karena seringnya menghirup segala jenis minyak, seperti premium dan solar.
Kanker tenggorokan merupaakan tumor ganas yang berkembang di area tenggorokan, larynx atau kotak suara, dan tonsil. Biasanya jenis penyakit kanker yang satu ini menyerang orang-orang yang telah berumur dan juga anak-anak. Tercatat, di Asia pernah ada seorang anak berusia 12 tahun menderita kanker tenggorokan.

Lalu, apa saja gejala jenis penyakit kanker yang satu ini? berikut 5 gejala wal kanker tenggorokan:

1. Sulit menelan
Sulit menelan apapun, makanan atau minuman merupakan salah satu tanda awal seseorang mengalami kanker tenggorokan. Kanker tumbuh sebagai tumor di tenggorokan. Jika pertumbuhan itu berlanjut, maka akan menghambat perjalanan makanan atau membuat Anda jadi sulit untuk menelan.

2. Suara berubah
Jika kanker tumbuh di sekitar pita suara, maka akan menyebabkan perubahan suara. Untuk itu, Anda perlu mengonsultasikan pada dokter jika melihat adanya tanda perubahan suara.

3. Batuk tak kunjung sembuh
Batuk Anda saat ini tak sembuh-sembuh dan suara menjadi serak? Berhati-hatilah karena hal tersebut merupakan gejala awal seseorang mengalami kanker tenggorokan. Sebaiknya segera pergi ke dokter untuk diperiksa.

4. Bunyi napas aneh
Ketika bernapas, udara melewati Anda dan kemudian dilanjutkan ke trakea. Salah satu gejala kanker tenggorokan adalah muncul suara aneh ketika bernapas. Apakah Anda mengalami hal seperti ini?

5. Permukaan laring terasa kasar
Merasa ada permukaan yang kasar di tenggorokan? Berhati-hatilah karena hal tersebut juga merupakan gejala awal kanker tenggorokan. Gejala ini akan terus Anda alami jika mengalami kanker tenggorokan.

Itulah 5 gejala awal kanker tenggorokan. Sebaiknya, jangan abaikan kelima gejala hal tersebut jika Anda mengalami dan merasakannya. Segera periksalah ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit yang diserita. Jika Anda mengetahuinya sejak dini, maka semakin mudah juga untuk disembuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar