Kamis, 22 September 2016

Lupakan microbeads, ini 10 eksfoliator terbaik yang disediakan alam


Kamu pasti sudah tahu kalau eksfoliasi (pengelupasan kulit) secara teratur sangat penting untuk kecantikan. Proses peremajaan ini memegang peranan penting bagi keindahan dan kesehatan kulit. Sementara kita perlu bantuan eksfoliator untuk membantu proses pengelupasan secara alami.

Masalahnya kebanyakan dari kita lebih suka memanfaatkan microbeads yang terkandung dalam produk-produk perawatan kecantikan. Padahal bahan ini terbuat dari partikel plastik yang bisa mencemari lingkungan.

Sebagai alternatif yang lebih ramah dan aman, kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis eksfoliator alami yang disediakan oleh alam. Berikut ini beberapa di antaranya yang direkomendasikan Merdeka.com.

Madu
Madu adalah teman terbaik bagi kulitmu. Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, sehingga bisa mengurangi infeksi kulit. Bahan kaya manfaat ini juga dapat meningkatkan proses pengelupasan kulit secara alami, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami.

Gula pasir dan brown sugar
Gula juga termasuk eksfoliator alami berkat kandungan asam glikolat di dalamnya. Asam glikolat memecah protein dan menyapu sel-sel kulit mati. Untuk kulit yang sensitif, brown sugar yang lebih halus bisa dimanfaatkan.

Garam laut
Garam memiliki manfaat ajaib untuk melunturkan racun dari kulit. Scrub dari garam laut sekaligus berguna untuk membunuh bakteri yang bersarang di permukaan kulit.

Black lava salt
Black lava salt menyimpan manfaat yang sama dengan garam laut. Kelebihannya, garam jenis ini juga dapat membantu merangsang aktivitas sel.

Mangga
Mangga merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu mengelupas kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel baru yang masih muda.

Oatmeal
Oatmeal sudah sering dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami, sebab bahan makanan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan bekerja sebagai pelembap alami. Oatmeal juga dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari pori-pori.

Yogurt
Yogurt efektif untuk pengelupasan kulit mati karena mengandung lactic acid yang baik untuk peremajaan kulit.

Kopi
Kafein dalam kopi bekerja sebagai eksfoliator kulit terbaik berkat kandungan caffeic acid di dalamnya. Bahan ini bisa merangsang produksi collagen bagi kulit.

Stroberi
Asam salisilat dalam stroberi dapat mengangkat sel-sel mati dari wajah sekaligus mengencangkan pori-pori. Asam ellagic di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang memerangi kerusakan kulit untuk mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu, stroberi juga dapat meredakan reaksi alergi dan iritasi berkat sifatnya yang mendinginkan.

Pepaya
Kandungan vitamin A dan papain yang tinggi dalam buah pepaya menjadikan daging buah ini manjur untuk eksfoliasi.

Itulah 10 bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator. Selamat mencoba di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar