Kamis, 22 September 2016

Ciri-ciri Penyakit Kanker Darah


Kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan bahkan bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya. Penyakit kanker ini mempunyai beberapa jenis, salah satunya adalah penyakit kanker darah. Anda harus waspada terhadap penyakit ini.

Penyebab penyakit kanker darah ini masih belum diketahui secara pasti. Namun diketahui ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi frekuensi penyakit kanker darah, yakni radiasi, faktor leukemogenik, epidemiologi, herediter, dan virus.

Penyakit kanker darah ini juga mempunyai tiga jenis.

- Kanker darah Leukimia
Adalah jenis kanker darah di mana pembentukan sel darah merah berkurang.

- Kanker darah Limfoma
Adalah jenis kanker darah di mana pembentukan sel darah putih berkurang.

- Kanker darah Myeloma
Adalah kanker darah di mana pembentukan plasma terhambat oleh sel-sel kanker.

Berikut ciri-ciri atau gejala awal dari penyakit kanker darah:

1. Tubuh lemah dan sering lelah
Kondisi tubuh yang lemah dan mudah merasa lelah bisa menjadi tanda awal adanya kanker darah. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh penyakit lain. Namun, jika tubuh lemah dan merasa lelah secara terus menerus, kemungkinan besar ada kanker darah. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Penurunan berat badan
Berat badan yang turun secara drastis itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Tapi, jika berat badan Anda turun secara drastis dan diikuti dengan berkurangnya nafsu makan, itu bisa jadi tanda awal adanya kanker darah.

3. Pembengkakan kelenjar getah bening
Ciri awal kanker darah adalah pembengkakan getah bening. Biasanya, pembengkakan ini akan menimbulkan efek seperti demam, lemas, mual, dan nafsu makan hilang. Pembengkakan kelenjar getah bening ini tidak mudah untuk dideteksi. Karenanya, periksakan diri secara rutin ke dokter.

4. Mudah sakit
Kanker darah akan menyebabkan sistem immune tubuh jadi menurun sehingga tubuh pun akan mudah terkena infeksi penyakit. Jika kondisi tubuh tak kunjung membaik, lebih baik segera periksakan diri Anda ke dokter.

Itulah beberapa gejala awal dari penyakit kanker darah. Semoga dengan informasi di atas Anda bisa lebih waspada dan lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar