Kamis, 22 September 2016

Apa beda osteoartritis dan arthritis? Ini jawabannya


Ada kalanya ketika bangun di pagi hari, tangan dan kaki berasa membengkak atau membesar dengan sedikit rasa nyeri pada beberapa bagian. Pada umumnya, banyak orang yang akan langsung memvonis bahwa hal tersebut merupakan arthritis.

Memang ada kemungkinan bahwa hal tersebut merupakan arthritis, akan tetapi ada kemungkinan pula bahwa pembengkakan kaki atau tangan di pagi hari itu merupakan osteoarthritis.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui informasi mengenai perbedaan antara arthritis dan osteoarthtritis berikut ini.

Pada umumnya, baik arthritis dan osteoarthritis akan menyerang bagian tulang tangan, kaki bersamaan dengan tulang belakang, punggul, lutut dan panggul. Sayangnya, banyak orang yang salah dalam mengintepretasikan sinyal yang diberikan tubuh dan menyamaratakan bahwa penyakit sendi seperti ini sudah pasti rematik.

Osteoarthritis merupakan penyakit degeratif tulang rawan artikular yang dapat menimpa siapa saja dan serangannya berlaku secara perlahan namun pasti. Sedangkan arthritis merupakan peradangan yang menyerang jaringan dan tulang sendi dan menyebabkan kerusakan progresif.

Gejala osteoartritis dapat diketahui dengan mengenali gejalanya, seperti:

  1. Meningkatnya rasa nyeri selama menggerakkan tangan pada pagi hari dan rasa sakit tersebut tidak muncul pada malam hari.
  2. Durasi rasa sakit yang ditimbulkan kurang lebih selama 30 menit dan akan menghilang begitu saja.
  3. Munculnya rasa panas dan bercak kemerahan pada bagian tangan atau kaki yang sebelumnya tidak pernah ada.
Sedangkan gejala arthritis, antara lain:

  1. Munculnya rasa nyeri pada tangan atau kaki baik di malam hari atau juga ketika bangun tidur di pagi hari.
  2. Durasi rasa sakit yang terasa akan berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan akan semakin nyeri ketika seseorang berusaha menggerakkan persendian.
  3. Pada umumnya disertai dengan pembengkakan pada bagian sendi.
  4. Munculnya rasa panas dan kemerahan pada kaki atau tangan, terutama di bagian persendian.
Nah, dengan mengetahui perbedaannya, maka Anda dapat menentukan jenis penanganan dan obat yang harus dikonsumsi karena jika salah maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan masalah lain yang berimbas pada kesehatan diri.

0 komentar:

Posting Komentar