Senin, 06 Februari 2017

4 Makanan yang Dapat Mengatasi PMS

Setiap bulan wanita mengalami PMS (premenstrual syndrome) dengan efek perubahan emosi yang cepat, kembung, sakit kepala, dan kram perut. Jika Anda ingin menghindari gejala PMS yang mengganggu tersebut, mungkin saatnya Anda menjauhi junk food dan keripik kentang sementara waktu dan beralihlah pada makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat. Makanan-makanan ini dapat membantu Anda menghadapi siklus menstruasi beserta gejala-gejalanya.
1. Makanan Kaya Karbohidrat
Makanan kaya karbohidrat membantu asam lemak tryptophan melewati pembatas darah otak dimana tempat ini biasa digunakan untuk memproduksi serotonin, zat yang dapat mengingkatkan mood. Pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks di dalamnya seperti roti, pasta, sereal, buncis, kacang-kacangan, dan lain sebagainya untuk melawan emosi dan meningkatkan kadar serotonin. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung vitamin B, terutama B6 yang dapat mengurangi perasaan sensitif dan depresi.

2. Ikan
Ikan seperti sarden, salmon, tuna, makarel, dan herring kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang berguna menajamkan pikiran dan merangsang produksi serotonin. Ikan sarden mengandung pula kalsium yang dibutuhkan untuk meredakan kram dan gejala pada siklus menstruasi yang diakibatkan pula oleh kekurangan asupan kalsium. Jika tidak suka ikan, biji chia, walnut, dan biji flax bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan mood selama PMS.

3. Makanan Kaya Magnesium
Makanan dengan sumber tinggi magnesium seperti kacang almond dapat menenangkan otot dan menyeimbangkan tingkat hormon. Magnesium mampu pula mengurangi rasa kesal, tegang, dan kram. Makanan lain dengan kandungan magnesium antara lain biji pumpkin, bayam, pisang, kacang tanah, beras merah, dan jambu monyet.

4. Coklat
Bagi penyuka coklat, bergembiralah bahwa coklat adalah salah satu makanan yang dapat mengurangi gejala PMS. Zat endorphin pada coklat mengurangi kecemasan, sementara kandungan magnesium meningkatkan mood dan mengurangi retensi air. Cara sehat makan coklat tanpa takut kelebihan asupan kalori adalah menambahkan bubuk coklat tanpa rasa pada susu atau larutannya untuk melumuri buah-buahan seperti strawberry atau pisang untuk memberi manis tanpa rasa bersalah akan bertambahnya berat badan.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar