Senin, 30 Januari 2017

Waspada, Duduk Terlalu Lama Sebabkan Serangan Jantung

Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena serangan jantung, di antaranya merokok, malas berolahraga, mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau junk food, bergadang, dan menjalankan pola hidup tidak sehat lainnya.Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, baik pria dan wanita dewasa, anak-anak, remaja, dan orangtua.
Salah satu gejala yang ditunjukkan saat seseorang mengalami penyakit jantung yaitu rasa nyeri di dada. Jika tak ingin mengalami serangan jantung, maka Anda disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Selain malas berolahraga, mengonsumsi makanan tidak sehat, bergadang, dan merokok, ternyata ada penyebab lainnya yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Apa penyebabnya?
Satu penyebab lain yang membuat seseorang mengalami serangan jantung adalah duduk terlalu lama. Bagi Anda para pekerja yang sering duduk berjam-jam di depan komputer atau duduk berjam-jam di dalam pesawat tanpa berpindah posisi sebaiknya perlu waspada.

Dr. Anil Bansal, seorang kardiologi Columbia Asia Hospital mengatakan bahwa duduk di posisi yang sama terus menerus selama berjam-jam bisa menyebabkan penggumpalan darah pada kaku dan bisa membawa bahaya tersendiri bagi kesehatan.
Duduk berjam-jam pada posisi yang sama ternyata membuat seseorang rawan terserang penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena ada penggumpalan darah pada area tubuh bagian bawah, termasuk kaki.

JIka duduk terlalu lama dengan posisi yang sama, maka ada darah yang menggumpal di pembuluh bagian terdalam dari kaki atau pinggul yang dikenal dengan nama DVT (Deep Vein Thrombosis). Hal tersebut bisa menghalangi perjalanan darah ke paru-paru yang mana dalam istilah kedokteran disebut Pulmonary Embolism (PE).

Pulmonary Embolism merupakan penyumbatan arteri utama paru-paru yang bisa menyebabkan asupan oksigen rendah pada tubuh sehingga bisa memicu serangan jantung mendadak.

Penelitian yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2007 menunjukkan bahwa melakukan perjalanan yang memakan waktu berjam-jam bisa meningkatkan risiko akan PE dan serangan jantung. Oleh karena itu, Anda disrankan untuk sering mengubah posisi dan jalan-jalan setiap 30 menit atau satu jam sekali.

Selain itu agar peredaran darah tetap berjalan lancar, Anda harus melakukan pemanasan sebelum duduk terlalu lama, cukup minum air putih, dan sering mengubah posisi duduk.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar