Rabu, 07 Desember 2016

Cara Tepat Merawat Behel Gigi

Perawatan behel atau kawat gigi akan sangat merepotkan maka Anda perlu pertimbangan dan persiapan matang sebelum memasang behel. Rongga-rongga kecil pada behel sering membuat makanan terperangkap atau selilitan yang nantinya akan menimbulkan plak. Plak ini juga akan memicu permasalahan gigi lainnya yang bisa menghabiskan waktu serta uang Anda untuk perawatan gigi.Perawatan behel memang lumayan banyak, selain harus higienis, setiap bulan harus rajin kontrol ke dokter gigi untuk mengganti karet atau kawat behel. Agar fungsi behel menjadi maksimal, yaitu merapikan gigi, Anda perlu untuk menjaga dan merawatnya agar tetap dalam kondisi baik atau tidak lepas.
Berikut cara merawat behel gigi yang disarankan.

1. Menjaga Kebersihan Gigi
Pengguna behel gigi selayaknya mempunyai frekuensi sikat gigi yang lebih sering jika dibanding dengan mereka yang tidak memakai. Sisa-sisa makanan bisa menumpuk di rongga-rongga behel dan celah-celah antara gigi dan behel. Jika tidak dibersihkan dengan sempurna akan menimbulkan plak atau kerak gigi, bahkan gigi berlubang. Maka, menyikat gigi dilakukan setiap habis makan untuk menjaga kebersihan dan mencegah bau mulut tidak sedap serta perubahan warna gigi.
Sangat disarankan memilih sikat khusus behel yang dapat mencapai celah-celah terkecil gigi dan behel. Sikat ini biasanya berbentuk kecil dengan diameter yang sangat halus. Bisa juga gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Gunakan pula mouthwash tanpa alkohol untuk menjaga nafas tetap segar.

2. Jenis Makanan dan Cara Makan
Hindari makanan-makanan keras seperti keripik dan makanan yang kenyal namun kering seperti cimol. Sifat makanan yang keras dan lengket akan membuat behel menjadi rapuh dan mudah lepas karena tekanan saat menggigit dan mengunyah. Maka ketika makan makanan yang keras dan sedikit lengket, potong-potong dulu makanan tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga Anda tidak perlu menggigit dan kerusakan behel pun dapat diminimalisir.

3. Rajin Kontrol
Setiap 3-4 minggu sekali, pengguna behel harus datang ke dokter gigi tempat ia memasang behel untuk melakukan check up atau kontrol. Pengontrolan behel ini antara lain mengganti ukuran kawat gigi sesuai pergeseran gigi, menambahkan kawat untuk menarik gigi ke arah dalam, mengganti karet behel, dan cabut gigi jika diperlukan.
Semua perawatan ini harus dilakukan selama menggunakan behel karena jika tidak, behel tidak akan bekerja sempurna untuk meratakan dan merapikan gigi. Dokter gigi atau ortodontis akan lebih paham terhadap kondisi gigi, jenis behel, dan perawatan yang tepat untuk Anda.

Itulah cara tepat merawat behel gigi. Tanyakan dan konsultasikan pada dokter gigi untuk penanganan yang lebih baik.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar