Senin, 21 November 2016

Tak hanya tidur, cara ini juga dapat kuatkan ingatan dalam 10 menit

Meskipun masih belum jelas, bagaimana mekanisme tidur dapat memperkuat ingatan, tetapi tidur telah dibuktikan mampu memperkuat ingatan baru dalam penyimpanan jangka panjang otak. namun, baru-baru ini peneliti menemukan bahwa hal ini tak hany bisa diperoleh melalui tidur melainkan dapat ditemukan dalam proses yang lain. Para peneliti menemukan bahwa menghabiskan waktu 10 menir dalam ruangan yang tenang tanpa rangsangan lain (seperti televisi, ponsel dan lainnya) dapat meningkatkan ingatan seseorang.
Melansir dari medicaldaily.com, para peneliti mengungkapkan bahwa selama ini banyak orang berpikir tentang otak adalah otot yang terus membutuhkan rangsangan. Hal ini menjelaskan mengapa menjejalkan berbagai ingatan tepat sebelum tes adalah hal yang tidak efektif. Hal yang sama juga berlaku untuk orang-orang yang menatap buku dalam jangka waktu yang panjang dan dengan mudah melupakan apa yang mereka baca dalam waktu beberapa jam saja. Batas waktu tersebut memberikan otak waktu untuk memproses informasi yang baru didapatkan tersebut.

Dalam penelitian ini, para peneliti melibatkan sekitar 40 orang. Mereka diminta untuk belajar virtual sebelum beristirahat atau terlibat dalam tugas terkait persepsi selama 10 menit. Mereka menemukan bahwa peserta dalam kondisi terjaga setelah beristirahat melakukan tes kognitif peta tertunda dengan lebih baik. Tes peta tertunda tersebut mengharuskan mereka untuk menunjuk berbagai landmark dari berbagai lokasi.

Para peneliti menjelaskan selama seseorang berada dalam kondisi santai, mereka akan mengalami proses penguatan ingatan yang biasanya dilakukan dalam tidur. Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa temuan ini memiliki implikasi bagi mereka yang menderita insomnia dan kondisi lainnya yang mempengaruhi kapasitas memori seperti alzheimer dan amnesia.

0 komentar:

Posting Komentar