Rabu, 16 November 2016

Ini 5 makanan penolong untuk menghadapi kecemasan sosial

Kenal dengan gangguan kecemasan sosial, kan? Kecemasan sosial adalah gangguan kecemasan di mana seseorang memiliki ketakutan yang berlebihan pada situasi sosial. Orang-orang yang mengalami gangguan kecemasan sosial ini akan merasa sangat tidak nyaman baik secara fisik maupun secara mental saat sedang berada dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti barbeque, festival musik, acara outdoor, dan bahkan dalam menjalin pertemanan.
Sebuah penelitian menarik yang dilakukan untuk majalah The Psychiatry Research yang meilhat hubungan antara tingkat kecemasan dan makanan yang difermentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang di fermentasi menunjukkan tingkat kecemasan sosial yang kecil.

Makanan fermentasi membantu usus untuk menghasilkan GABA (gamma-aminobutyric acid) yang merupakan zat kimia yang dikirim usu ke otak. Sistem kerja GABA sangat mirip dengan antidepresan dan obat-obatan yang membantu mengatasi masalah kecemasan. Nah, penasaran dengan apa saja makanan yang bisa jadi penolong bagi orang-orang yang mengalami kecemasan sosial ini? Yuk, kita lihat sama-sama!

1. Asinan kubis
Berasal dari Jerman, makanan fermentasi yang satu ini mengandung sam laktat dan beberapa probiotik yang sangat membantu sistem kerja pencernaan. Selain menjadi makanan penolong bagi gangguan kecemasan, asinan kubis sangat baik bagi orang yang mengalami gangguan perut. Cara yang terbaik untuk mengonsumsinya adalah tanpa diolah alias mengonsumsi langsung asinan kubis.

2. Kimchi
Bagi penggemar masakan korea, tentu tidak asing dengan yang namanya kimchi, bukan?Kimchi adalah makanan fermentasi yang dibuat dari berbagai macam sayuran. Kimchi sangat kaya akan probiotik dan ini sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan kecemasan. Makanan ini sangat ramah di usus kita.

3. Acar mentimun
Acar mentimun mengandung vitamin A,B,C,D,E,K dan folat yang merupakan nutrisi yang sangat baik untuk usus. Selain itu acar mentimun mengandung antioksidan alami yang berarti dengan mengonsumsi acar mentimun kamu telah melakukan langkah yang benar untuk menjaga kesehatan hati.

4. Yogurt
Sudah tidak asing lagi dengan yogurt, kan? Yogurt memang terkenal dengan kandungan probiotik. Tetapi, hati-hati dalam memilih yogurt, karena tidak semua jenis yogurt itu sama. Karena kaya akan probiotik, maka yogurt juga adalah makanan penolong bagi kamu yang mengalami gangguan kecemasan sosial.

5. Dark cokelat
Kabar baik bagi para pecinta cokelat, bukan? Selain memiliki cita rasa yang disukai banyak orang, dark cokelat juga adalah makanan penolong bagi kamu yang mengalami gangguan kecemasan. Makanan ini banyak mengandung trytophan adalah asam amino yang mampu meningkatkan mood kamu.

Kamu pasti heran, kenapa makanan yang baik untuk usus dapat menjadi makanan penolong bagi kamu yang mengalami gangguan kecemasan. Ini karena studi yang dilakukan untuk the Psychiatry Research menunjukkan bahwa adanya keterkaitan yang kuat antara otak dan usus. Probiotik dalam usus mengendalikan perasaan dengan mengirimkan pesan ke otak. Itu alasan mengapa makanan fermentasi dapat menjadi penolong bagi kamu yang mengalami kecemasan.

0 komentar:

Posting Komentar