Sabtu, 19 November 2016

6 Gejala yang Dirasakan Ibu Saat Ketuban Pecah

Ketika usia kehamilan sudah mencapai 8 atau 9 bulan, tentunya yang sangat ditunggu-tunggu adalah kelahiran si bayi. Beberapa gejala biasanya akan dirasakan oleh si ibu, salah satunya adalah ketuban pecah. Namun momen tersebut bisa menjadi momen yang menegangkan.
Ada beberapa gejala yang dirasakan oleh sang ibu hamil jika ketuban itu pecah. Apa saja tanda-tanda ketuban itu pecah saat ingin melahirkan?

berikut 5 gejala yang dirasakan saat ketuban pecah:

1. Merasa ada cairan yang keluar
Tanda pertama yang dirasakan oleh si ibu saat ketuban pecah adalah adanya cairan yang merembes keluar dari miss V dan rasanya seperti saat sedang menstruasi. Cairan yang keluar itu bisa sedikit atau banyak jumlahnya. Akan tetapi, terkadang tanda ini tak dirasakan oleh beberapa wanita.

2. Ada cairan yang menetes
Tanda yang kedua ini lebih terasa dari tanda pertama. Cairan yang keluar tak lagi merembes, tapi mentes keluar dari miss V. Jumlah yang dikeluarkan juga lebih banyak dan hampir menyerupai saat buang air kecil. Cairan ini akan keluar lebih banyak jika Anda dalam posisi berdiri.

3. Merasa ada yang pecah
Beberapa wanita merasa seperti ada gelembung yang pecah ketika ketuban itu keluar. Suara pecah yang tersebut terkadang juga membuat beberapa wanita jadi merasa gugup.

4. Keluarnya cairan hangat
Jika sudah merasa ada gelembung yang pecah, maka si ibu hamil akan merasa ada cairan hangat yang keluar. Cairan yang keluar itu bisa sedikit dan bisa juga banyak seperti air seni.

5. Merasa ada yang menekan
Bukan hanya cairan saja yang keluar dari miss V si ibu hamil, namun adanya tekanan di perut bagian bawah juga dirasakannya. Dan, pada saat inilah mulai terjadi pembukaan serta kontraksi.

6. Merasakan sakit yang hebat
Beberapa kali kontraksi, tentunya rasa sakit akan meningkat dan tekanan akan semakin besar. Para ibu yang melahirkan normal mengalami oembukaan yang teratur. Namun, ada pula kasus di mana pembukaan hanya terjadi di pembukaan satu nkemudian berhenti.

Itulah gejala-gejala saat ketuban pecah. Ketahuilah bahwa ketuban bisa saja pecah sebelum fase persalinan dimulai. Jika merasa ada rembesan air yang keluar dari miss V, maka Anda harus segera ke klinik atau rumah sakit terdekat agar mencegah terjadinya masalah pada proses kelahiran.

0 komentar:

Posting Komentar