Minggu, 23 Oktober 2016

Pilihan Makanan yang Bisa Meningkatkan Mood

Pagi hari dimana segala aktivitas dimulai seharusnya dihadapi dengan penuh semangat dan kesiapan. Tapi adakalanya mood kita tidak mendukung untuk bisa melakukan aktivitas dengan sempurna. Kerja jadi malas dan rasanya tidak ingin melakukan apa-apa. Mood yang tidak baik juga dipengaruhi oleh masalah kehidupan pribadi yang membuat stres serta depresi.
Trik untuk mengatasi mood adalah makanan. Berikut makanan yang direkomendasikan ketika mood sedang jelek.

1. Saat Murung
Bila coklat adalah makanan yang membuat Anda bahagia, sebaiknya kali ini hindari makanan yang manis-manis. Pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat, rendah lemak, dan rendah protein ketika Anda merasa murung dan dilanda sedih serta mudah menangis. Mengapa?

Makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat tidak akan dihambat oleh protein dan lemak, asam amino tryptophan dapat membanjiri otak dan morfin mengalir ke dalam serotonin, yakni neurotransmitter yang mendorong mood dan mengekang keinginan akan makanan. Rekomendasi makanan untuk si pemurung adalah pop corn, oatmeal dengan sedikit susu dan madu, serta bagel dengan irisan pisang.

2. Saat Depresi
Depresi dapat segera diusir dengan makanan omega 3 yang mudah ditemukan pada ikan, seperti tuna, salmon, dan herring. Untuk lebih bisa menjaga kesehatan, Anda sebaiknya memilih ikan bebas merkuri. Masakan olahan dari ikan tuna dan salmon sangat baik untuk mengembalikan mood Anda yang sedang tertekan dan depresi menjadi normal kembali.

3. Saat Bosan
Kopi sangat membantu system syaraf berputar kembali dan membuat Anda menjadi lebih bisa konsentrasi. Cobalah meminum kopi dalam waktu setengah jam untuk mengembalikan semangat dan daya pikir Anda. Namun, Anda harus memperhatikan takaran kopi per harinya. Jangan terlalu mengandalkan kopi karena pada dasarnya jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Maka, batasi asupan kopi tidak lebih dari tiga cangkir per hari.

4. Saat Sensitif
Sensitif atau mudah tersinggung biasanya didapat karena seseorang kurang mendapatkan kualitas tidur yang baik pada malam hari. Hal ini mengakibatkan pada siang harinya ia merasa sangat mengantuk. Makanan yang dimakan sebelum tidur ternyata berpengaruh pada kualitas tidur. Maka ada baiknya menetapkan makan malam pada tingkat di bawah 500 kalori dan memilih makanan yang mengandung mineral copper. Contoh makanan ini adalah ayam, pisang, dan alpukat.

5. Saat Terlalu Lelah
Mudah lelah bisa jadi Anda mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Periksakan pada dokter jika gejala ini sering Anda alami. Kekurangan zat besi ini disebabkan karena kurangnya nutrisi zat besi yang dikonsumsi. Makanan seperti buncis, padi-padian, dan sayuran memiliki kandungan zat besi yang sedikit dan sulit diserap tubuh. Untuk mendapatkan lebih banyak zat besi, protein hewani bisa dijadikan pilihan. Kerang, daging sapi, ayam hitam tanpa kulit, daging kalkun, dan ikan dapat Anda konsumsi untuk menambah asupan zat besi yang dapat menambah daya tahan sehingga tidak mudah terlalu lelah.

0 komentar:

Posting Komentar