Selasa, 11 Oktober 2016

Manfaat Jus Plum Untuk Wanita Hamil

Selama kehamilan, wanita disarankan untuk memperhatikan asupan makanannya, yaitu apa yang baik untuk dimakan dan apa yang sebaiknya dihindari untuk dimakan. Berbagai permasalahan umum saat hamil seperti kembung, mual, atau sembelit juga harus diatasi dengan bijak. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, maka wanita hamil harus banyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Jus buah-buahan baik untuk wanita hamil karena memenuhi vitamin yang diperlukan tubuh dan buah hati dalam kandungan.
Salah satu buah yang baik untuk dimakan selama kehamilan adalah buah plum. Bahkan jus plum lebih baik karena memiliki kalori yang lebih baik dibanding dengan buahnya. Plum mengandung vitamin, nutrisi, dan serat yang dibutuhkan ibu dan janin. Jadi, jus plum aman dikonsumsi wanita hamil dengan perhatian kandungan jumlah gula pada merk jus yang dipilih bila Anda membelinya di supermarket. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan mengenai jus plum yang bisa dikonsumsi bersamaan diet seimbang selama hamil.
Jus plum banyak memberikan manfaat kesehatan untuk Anda dan janin dalam kandungan. Tidak ingin melewatkannya? Simak manfaatnya berikut ini.

1. Kaya akan Vitamin
Jus plum terdiri dari beberapa vitamin seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A penting untuk perkembangan tulang serta penglihatan mata Anda dan bayi. Perlu diingat, kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi selama hamil dan meningkatkan perkembangan jaringan. Sementara vitamin K digunakan tubuh untuk mencegah pembekuan darah.

2. Hidrasi
Wanita hamil lebih mudah dehidrasi, maka banyak minum merupakan solusi. Banyak konsumsi cairan, termasuk jus plum, bisa menjaga tubuh tetap hidrasi dan mengurangi masalah perut yang biasa dialami selama hamil.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada jus plum dapat melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga membuat kekebalan tubuh meningkat. Jadi, wanita hamil tidak perlu khawatir terserang flu atau pilek selama rutin minum jus plum.

4. Mencegah Sembelit
Senyawa sorbitol dan isatin yang ditemukan pada plum membantu mengatur fungsi pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain itu, plum tinggi akan kandungan serat dan antioksidan yang berguna melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolism tubuh.

5. Kaya akan Asam Folat
Asam folat sangat penting bagi wanita hamil dan pertumbuhan janin. Itulah mengapa pada produk susu ibu hamil sering terdengar formula asam folat. Folat ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, sumsum tulang belakang, dan sistem syaraf janin.

6. Menguatkan Tulang
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa plum bisa meningkatkan kesehatan tulang. Ini karena tinggi jumlah senyawa penoic dan flavonoid di dalamnya. Selain itu, plum juga mengandung boron yang berperan dalam pengerasan dan kepadatan tulang. Maka dari itu, jus plum sangat baik untuk merangsang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan.

0 komentar:

Posting Komentar