Selasa, 11 Oktober 2016

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Ketombe merupakan pengelupasan kulit kepala dalam jumlah yang berlebihan yang dapat menyebabkan kepala menjadi gatal dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Hal ini karena akan membuat rambut kita jadi terlihat seperti “bersalju” terutama saat disisir.
Beberapa hal yang bisa menyebabkan ketombe yaitu: jarang keramas, kurang bersih saat keramas dan juga salah menggunakan produk rambut. Namun tidak perlu khawatir, masalah ketombe ini bisa dihilangkan dengan cara alami dan sangat mudah untuk dilakukan.

Berikut merupakan beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe :

1. Garam

Selain menjadi penyedap makanan, ternyata garam dapat membantu menghilangkan ketombe juga lho. Cukup taburkan garam di kepala Anda sebelum keramas dan pijat perlahan-lahan.Tunggu atau diamkan kira-kira selama 10 menit. Setelah itu bersihkan rambut Anda dengan menggunakan sampo.

2. Lidah Buaya – Aloe Vera

Lidah buaya sudah terbukti berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut jadi lebih hitam berkilau. Caranya ambil sebuah lidah buaya berukuran sedang, haluskan lalu kemudian ambil lendirnya dan oleskan ke kulit kepala dan diamkan hingga 15 menit sebelum dibilas.

3. Jeruk Nipis

Kandungan asam sitrat dalam buah jeruk nipis ternyata bisa membantu menghilangkan ketombe. Ambil 1-2 buah jeruk nipis lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan-lahan. Tunggu atau diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Cuka

Cuka mengandung Potasium dan Enzim yang membantu menghilangkan ketombe serta rasa gatal yang sering terjadi di kulit kepala. Caranya, campurkan secangkir cuka dengan secangkir air dan oleskan ke kulit kepala setelah keramas. Diamkan beberapa saat dan bilas kepala sampai bersih.

5. Kangkung

Rebus seikat kangkung dengan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa setengah. Saring air bekas rebusan dan dinginkan. Remas-remas kangkung yang sudah direbus tadi dan gunakan sarinya untuk dioleskan ke kulit kepala dan tunggu kira-kira 30 menit. Lalu bilas kepala menggunakan air saringan yang sudah didinginkan dan bersihkan menggunakan air bersih.

Demikian beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar