Kamis, 27 Oktober 2016

5 Jenis Makanan yang Memperparah Diare

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang. Seseorang yang mengalami diare biasanya akan mengalami rangsangan buang air besar secara terus menerus dan kotoran yang dikeluarkan memiliki kandungan air yang berlebihan.
Mengapa diare sering dialami orang dan apa penyebabnya?
Diare disebabkan oleh berbagai hal, seperti keracunan makanan, bakteri, parasit, iritasi usus, terlalu banyak makan atau minum, atau dikarenakan alergi pada makanan tertentu, seperti yoghurt atau susu.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami diare. Makanan tersebut antara lain, aneka makanan pedas dan berminyak, berbagai jenis produk susu, minuman yang mengandung kafein, dan berbagai jenis makanan dan minuman pemicu gangguan pencernaan lainnya.

Berikut makanan yang memperparah diare:

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang paling umum menyebabkan seseorang terkena diare. Makanan tersebut sulit untuk dicerna sehingga menyebabkan perut kembung dan diare pun datang. Bagi Anda yang sedang mengalami diare, sebaiknya hindari makanan ini.

2. Bawang putih
Ternyata bawang putih bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Bawang putih merupakan jenis umbi yang mengandung serat larut dan menghasilkan gas dalam sistem pencernaan. Gas tersebut bisa memperparah diare yang Anda alami.

3. Kubis
Sama halnya seperti bawang putih. Kubis memiliki zat sulfur dan serat yang dicerna cukup lama. Di dalam perut, kubis atau kol bisa memicu produksi gas sehingga bisa memperparah kondisi saat diare.

4. Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung serat dan menyebabkan gas di dalam perut. Mungkin jeruk nipis akan dikonsumsi seseorang sebagai pencahar. Tapi, bagi Anda yang sedang mengalami diare sebaiknya jangan mengonsumsi jeruk nipis karena diare bisa semakin parah.

5. Buah leci
Salah satu buah yang mirip rambutan ini jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan diare. Untuk itu, jangan sekali-kali mengonsumsinya jika Anda sedang mengalami diare. Hal tersebut bisa membuat kondisi diare Anda semakin parah.

Itulah 5 jenis makanan yang memperparah diare. Untuk mengatasi diare, Anda bisa mengonsumsi larutan oralit dari campuran air hangat, gula, dan garam untuk pertolongan pertama. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan ramuan tradisional. Jika tak kunjung sembuh, maka segeralah ke dokter.

0 komentar:

Posting Komentar