Kamis, 27 Oktober 2016

5 Cara Alami Mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang umumnya iritasi serta ditandai dengan adanya kulit yang tebal, bersisik putih, dan kemerahan. Penyakit kronis tidak menular ini berdampak pada kulit ketika sistem kekebalan tubuh mengirimkan sinyal yang salah dalam pertumbuhan sel-sel kulit.
Psoriasis biasanya muncul pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, lutut, siku, kulit kepala, dan punggung. Ada lima jenis psoriasis, yaitu plak, guttate, terbalik, berjerawat, dan eritroderma.

Plak adalah yang paling umum ditemukan. Plak psoriasis menyebabkan benjolan merah yang ditutupi oleh sel-sel kulit mati berwarna putih yang disebut sebagai skala. Orang yang mengalami masalah psoriasis cenderung menderita kesehatan lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, dan depresi.

Penyebab penyakit ini dipercaya akibat faktor genetis dan sistem kekebalan tubuh. Namun hal lain yang memicu timbulnya psoriasis antara lain cuaca dingin dan kering, infeksi, stres, kulit kering, dan obat-obatan. Berikut cara mengatasi kulit yang menderita psoriasis secara alami.

1. Pelembab
Menggunakan pelembab merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah timbulnya kulit yang kering, gatal, dan merah. Kulit yang kering akan membuat kulit gatal yang bila digaruk akan menimbulkan infeksi dan menciptakan psoriasis di bagian kulit tersebut.
Gunakan pelembab dengan efek super melembabkan seperti salep petroleum jelly atau krim pelembab yang kental pada bagian kulit yang bermasalah. Oleskan pelembab setelah mandi dan sebelum tidur untuk menjaga kulit tetap lembab dan menghindari kulit menjadi sangat kering.

2. Minyak Ikan
Minyak ikan sangat membantu bagi penderita psoriasis. Sebuah penelitian menyarankan meminum suplemen minyak ikan yang mengandung 1,8 sampai 3,6 gram eicosapentaenoic acid (EPA) untuk mengurangi penampakan psoriasis pada kulit. Tidak hanya untuk diminum, minyak ikan yang dioleskan langsung pada kulit psoriasis juga efektif membantu mengatasi gejalanya.

3. Garam Laut Mati
Mandi adalah bagian penting dalam merawat posriasis. Namun mandi bisa pula menyebabkan kulit menjadi kering yang akhirnya berakhir pada banyak permasalahan kulit. Ketika mandi, jangan gunakan air panas, melainkan air hangat kuku. Jangan pula menggosoknya dengan handuk, cukup tepuk-tepuk hingga kering.
Perawatan penderita psoriasis pada saat mandi adalah mencampurkan air dengan garam Laut Mati atau garam epsom, minyak, dan oatmeal. Rawatlah kulit selama 15 menit saat mandi, lalu gunakan pelembab atau minyak setelahnya agar kulit selalu lembab. Perawatan ini dapat mengatasi kulit bersisik dan mengurangi gatal pada kulit penderita psoriasis.

4. Cayenne
Cabai cayenne telah lama digunakan dalam pengobatan selama ribuan tahun. Capsaicin, zat di dalam cabai yang memberi rasa panas merupakan bahan yang banyak digunakan pada krim dan gel pereda nyeri. Mengoleskan krim capsaicin pada kulit dapat meredakan gatal dan luka kulit akibat psoriasis. Capsaicin menimbulkan efek terbakar pada kulit dan dapat mengatasi psoriasis bila digunakan secara rutin. Setelah menggunakan krim capsaicin, disarankan segera mencuci tangan dan tidak menyentuh mata dan mulut.

5. Lidah Buaya
Dipakai sebagai bahan obat-obatan dari masa kuno hingga sekarang, lidah buaya bermanfaat meredakan luka dengan memberi efek mendinginkan pada kulit yang terbakar atau iritasi. Krim berbahan dasar lidah buaya sangat membantu mengurangi iritasi psoriasis. Bahkan lidah buaya lebih efektif menyembuhkan jika dibandingkan dengan placebo.

0 komentar:

Posting Komentar