Selasa, 20 September 2016

Kenapa keringat manusia itu bau


Keringat adalah hal yang wajar yang keluar dari tubuh manusia. Keringat yang berupa cairan ini biasanya menetes saat tubuh Anda kepanasan, habis melakukan aktivitas fisik yang berat, saat merasa gugup atau takut, atau bahkan saat Anda sedang merasa terlalu bersemangat.

Banyak orang pasti setuju bahwa saat manusia telah melewati masa pubertas, maka keringat yang keluar diiringi dengan bau yang tidak sedap. Itulah sebabnya banyak orang yang kemudian mengakalinya dengan menggunakan deodorant.

Sebenarnya, apa yang membuat keringat seseorang menjadi bau? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah alasannya.

1.Diet rendah karbohidrat
Diet rendah karbohidrat biasanya dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal karbohidrat justru memiliki fungsi untuk menjaga agar keringat Anda tidak terlalu bau. Solusinya, jika Anda tetap ingin diet rendah karbohidrat, maka jangan langsung memangkas konsumsi karbohidrat Anda. Sebaliknya, pilihlah jenis karbohidrat sehat yang berasal dari biji-bijian atau gandum.

2.Banyak makan makanan manis
Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis tidak hanya berdampak pada kenaikan berat badan saja. Sebab konsumsi permen, cokelat, atau kue yang manis ternyata bisa membuat keringat Anda menjadi lebih bau karena makanan manis akan menyuburkan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh sebagai hasil dari mencerna zat gula yang masuk dalam tubuh.

3.Sulit buang air
Anda termasuk orang yang sulit buang air? Maka perhatikan bau badan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa saat Anda sulit buang air baik itu buang air besar maupun air kecil, maka keringat Anda cenderung akan menjadi bau. Sebab racun dari kotoran Anda akan mulai dilepaskan melalui pori-pori.

4.Makanan yang Anda konsumsi
Beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi ternyata mampu membuat keringat Anda bau. Contohnya adalah makanan yang mengandung bawang, daging merah, makanan yang terlalu banyak mengandung asam. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin keringat Anda menjadi bau, maka perhatikan konsumsi makanan Anda.

Setelah mengetahui beberapa faktor yang bisa membuat keringat menjadi bau, Anda pun harus memperhatikan tingkat kebersihan tubuh Anda. Minimal Anda harus rajin mandi untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

0 komentar:

Posting Komentar