Selasa, 20 September 2016

5 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata


Mata adalah salah satu asset berharga yang kita miliki. Melalui mata, kita bisa melihat indahnya dunia. Tapi saat kita tua, kita akan dihadapkan pada masalah penglihatan mata seperti katarak, rabun dekat, mata kering, dan masalah penglihatan lainnya. Untuk menjaga mata tetap sehat dengan kemampuan melihat yang jelas, perlu adanya perawatan, salah satunya dari apa yang kita makan. Makanan yang tepat akan mendukung penglihatan mata dan menjaganya agar tetap sehat dan tajam. Sebaiknya Anda perbanyak makanan berikut ini untuk mata sehat dan penglihatan yang bagus.

1. Wortel
Kita semua tahu bahwa wortel adalah makanan paling dasar yang bisa membantu menjaga ketajaman penglihatan mata. Sudahkah Anda tahu nutrisi apa yang dimiliki wortel untuk mata? Ya! Vitamin A. Warna orange pada wortel didapat dari kandungan beta karoten, yakni bentuk lain dari vitamin A. Selain itu antioksidan yang dimiliki wortel bermanfaat melawan kemunduran fungsi mata seperti katarak dan penyakit mata lainnya.

Wortel bisa diolah jadi masakan apapun dan selalu nikmat untuk dimakan. Anda bisa membuatnya menjadi sup, capcay, dan masakan lezat lainnya. Untuk menyegarkan, jus wortel menjadi pilihan yang tepat. Rasanya manis alami dan nikmat untuk diminum.

2. Ayam dan Kalkun
Ayam dan kalkun kaya akan zinc dan juga variasi vitamin seperti vitamin B dan vitamin E. Sumber dari daging unggas ini sangat efektif mengatasi mata katarak dan penyakit mata lain. Daging ayam dan kalkun merupakan daging yang sering dikonsumsi, jadi apapun masakan yang Anda buat dengan daging tersebut, ingatlah manfaatnya untuk mata.

3. Bayam
Bayam dipenuhi dengan banyak vitamin dengan komponen utama vitamin C, lutein, zeaxanthin, dan beta karoten. Selain itu, bayam juga tinggi akan antioksidan yang membantu melawan berkurangnya fungsi makula. Zeaxanthin dan lutein meningkatkan kepekatan pigmen pada daerah macula. Macula inilah yang bekerja sebagai tabir surya alami untuk mata dengan cara menyerap 40 – 90 persen sinar UVB.

4. Ubi Jalar
Seperti wortel, warna daging buah ubi jalar juga menandakan tinggi kandungan beta karoten yang diperlukan mata untuk menjaga kesehatannya. Ubi jalar yang direbus, digoreng, atau dipanggang, sama enaknya dan sama manfaatnya untuk mata.

5. Ikan Salmon dan Sarden
Ikan salmon dan sarden punya tinggi sumber asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga penglihatan mata. Lemak omega-3 bekerja dengan cara menjaga pembuluh mata yang ada di sekitar bola mata. Cobalah makan 6 ons salmon atau sarden setiap hari maka Anda akan melihat perbedaannya.

0 komentar:

Posting Komentar