Selasa, 20 September 2016

5 Dampak Buruk AC Bagi Kesehatan Tubuh


Di Indonesia yang beriklim tropis ini, pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) sangatlah penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. AC digunakan setiap saat, dirumah,dikantor dan ditempat umum lainnya. AC yang digunakan dirumah bisa sampai 24 jam nonstop.
Tapi perlu Anda ketahui, bahwa AC memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh bila digunakan secara terus menerus. Penggunaan yang terlalu berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh kita. Berikut penjelasan dampak negatif AC bagi kesehatan tubuh:

1. Kulit menjadi kering
Menghabiskan waktu berjam-jam di ruangan ber-AC dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban dan kulit menjadi kering. Apalagi kalau tidak membantu menjaga kelembaban kulit dengan mengaplikasikan lotion. Karena kasus kulit kering yang parah dapat mengakibatkan eksim atau penyakit kulit lainnya

2. Terkena penyakit dan kelelahan rutin
Mengalami sakit kepala kronis dan rasa lelah yang berlebihan bisa juga merupakan dampak dari keseringan menggunakan AC saat bekerja ataupun di rumah. Bekerja di dalam gedung dan secara terus menerus terkena udara dingin dari AC bisa menyebabkan iritasi membran mukosa dan kesulitan bernapas. Dan lebih rentan terhadap serangan penyakit seperti flu, pilek dan penyakit lainnya.

3. Ketidakmampuan tubuh menghadapi udara panas
Karena terlalu sering menghabiskan waktu di ruangan AC yang dingin, tubuh akan cenderung sulit mentolerir suhu musim panas. Hal tersebut bisa mengakibatkan stres tubuh karena berpindah dari lingkungan dingin ke area outdoor yang panas. Terjadinya kasus kematian akibat cuaca panas karena tubuh tidak mampu mentolerir suhu panas.

4. Membuat kondisi penyakit semakin parah
Diketahui bahwa pendingin udara dengan menggunakan sistem sentral dapat membuat penyakit yang diderita akan menjadi lebih parah. AC membuat proses ‘merasakan’ sakit menjadi lebih sulit dan hal ini berbahaya bagi mereka yang mengalami sakit. Sering menggunakan AC juga dipercaya dapat meningkatkan gejala tekanan darah rendah, rematik dan neuritis.

5. Masalah pernapasan
menyebarkan kuman serta mikro-organisme yang menyebabkan masalah pernapasan. Karena para peneliti telah menemukan delapan jenis kuman yang hidup pada 22 dari 25 mobil yang telah di uji coba.
Diketahui AC juga bisa dapat menyebarkan penyakit pernapasan seperti Legionnaire, yang bisa sebabkan batuk, demam hingga pneumonia atau penyakit paru-paru.

0 komentar:

Posting Komentar