Sabtu, 04 Februari 2017

Penyebab Mimisan Pada Anak

Suatu saat, ibu saya bercerita kepada saya tentang hal-hal yang pernah terjadi kepada saya semasa kecil. Ia bercerita waktu itu ia sangat takut akan kehidupan saya, karena begitu lemahnya pertahanan tubuh saya. Saya sering sekali bolak-balik masuk dan keluar rumah sakit karena begitu lemahnya dulu saya. Hingga saat saya sudah mencapai usia balita, salah satu yang terus menjadi kekhawatiran ibu saya adalah karena saya selalu mengakami mimisan. Mimisan itu tidak hanya terjadi sekali, namun bisa hampir setiap hari. Namun seiring bertambah usia akhirnya mimisan saya itu tidak pernah saya alami lagi.
Lalu saya berpikir apa yang menyebabkan terjadinya mimisan pada anak-anak? Dan mengapa saat saya kecil, saya rentan mengalami darah yang keluar dari hidung dan pada saat besar mimisan itu bisa berkurang volumenya dan lama kelamaan bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

Suatu saat, teman ibu saya mengatakan bahwa dirinya baru pulang dari dokter akibat anaknya yang masih kecil mengalami mimisan. Lalu ia menceritakan pendapat sang dokter mengenai penyebab anaknya terkena mimisan.

Pada umumnya, anak-anak sangat rentan terkena mimisan. Salah satu penyebabnya disebabkan karena anak-anak memiliki pembuluh darah yang masih tipis. Pembuluh darah yang tipis ini menyebabkan mudahnya mengalami robek sehingga menyebabkan darah keluar dari hidung. Penyebab robeknya pembuluh darah bisa disebabkan karena panas, atau bahkan hal sederhana seperti bersin, padahal sang anak tidak dalam kondisi demam.

Pertahanan tubuh yang masih lemah juga menyebabkan anak-anak mudah terserang berbagai penyakit dan menyebabkan mimisan. Sedangkan seiring bertambahnya usia, pertahanan tubuh juga menjadi bertambah kuat. Selain itu, pembuluh darah pada tubuh manusia lebih tebal daripada pembuluh darah milik anak-anak. Sehingga mimisan itu dapat berkurang atau bahkan tidak muncul kembali.

Jadi dapat disimpulkan jika mimisan pada anak-anak itu merupakan hak yang wajar. Tidak usah terlalu panik, cukup dengan menjaga kesehatannya saja. Namun, bukan bisa dianggap sesuatu yang sepele. Bisa juga mimisan disebabkan karena penyakit berbahaya seperti kanker darah ,dan sebagainya.

Karena itu, tetap cermat dan berhati-hati terhadap segala sesuatu. Jika memang kondisi si anak terus memburuk, ada baiknya segera dibawa ke dokter yang terpercaya. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar