Selasa, 07 Februari 2017

Jangan Makan 9 Makanan Lezat Ini Saat Hamil

Wanita yang sedang hamil memang harus ekstra waspada terhadap setiap makanan yang dikonsumsi serta aktivitas yang sedang dilakukan. Kendala utama yang dihadapi para wanita hamil adalah setiap makanan yang masuk ke dalam perut mereka.Mau tidak mau, ibu hamil harus menghindari beberapa makanan lezat demi menjaga kesehatan janin yang mereka kandung. Beberapa makanan yang harus dihindari para ibu hamil antara lain:

1. Vitamin A
Vitamin A memang sangat bagus untuk mata dan kulit, namun tentunya sangat tidak baik jika dikonsumsi berlebihan terutama saat sedang hamil.
Vitamin A yang terlalu banyak dapat membuat kandungan menjadi rusak. Menurut penelitian, seorang ibu hamil berumur 19 tahun ke atas harus mendapat asupan vitamin A sebesar 2565 IU per harinya.
Makanan seperti hati ayam seberat 3 ons sudah mengandung 12,325 IU, sementara ada sekitar 27,185 IU vitamin A pada hati sapi. Oleh karenaya wanita hamil dilarang mengonsumsi tambahan vitamin A lagi.

2. Kopi
Berdasarkan penelitian, kopi bisa memperkuat plasenta dan meningkatkan detak jantung bayi. Namun di balik itu semua ternyata kopi bisa meningkatkan resiko keguguran. Terlalu banyak kafein akan mengurangi cairan dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi dan hilangnya kandungan kalsium.  Karena itu, kurangi konsumsi kafein pada trimester pertama. Minum paling banyak 2 gelas kopi sehari.

3. Alkohol
Alkohol memang memabukkan bagi sebagian besar orang. Minuman ini juga tidak aman dikonsumsi saat sedang hamil. Alkohol bisa meningkatkan resiko keguguran dan bayi prematur.
Selain itu, alkohol bisa merusak pertumbuhan otak bayi dan menyebabkan kondisi lainnya yang tidak diinginkan seperti cacat pada wajah, berat badan yang rendah, kerusakan jantung, dan keterbelakangan mental.

4. Daging setengah matang
Daging-dagingan setengah matang juga harus dihindari oleh ibu hamil. Daging seperti ini diduga terkontaminasi oleh bakteri dan salmonella. Di samping itu, makanan setengah matang seperti ini juga mengandung listeria yang bisa memicu terjadinya keguguran.

5. Ikan
Mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri di dalamnya bisa menyebabkan pertumbubuhan janin terhambat dan kerusakan otak. Karenanya, hindari mengonsumsi ikan yang diduga mengandung banyak merkuri seperti hiu, ikan cucut, ikan mackerel, tuna, dan beberapa ikan lainnya.

6. Telur mentah
Telur mentah banyak terdapat di beberapa bahan makanan seperit saus, hidangan penutup, dan bumbu-bumbu dapur. Telur mentah diketahui banyak mengandung salmonella yang bisa membahayakan janin dan kandungan.

7. Keju lembut
Keju memang lezat, namun bagi ibu hamil mengonsumsi terlalu banyak keju lembut seperti Brie, Camembert, Roquefort, Gorgonzola, dan sejenisnya bisa berbahaya. Hal ini disebabkan karena keju tersebut bakteri listeria yang bisa merusak kandungan.

8. Sayur dan buah yang tidak dicuci
Sayur dan buah-buahan yang tidak dicuci sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bahan makanan ini bisa jadi mengandung toksoplasma yang tentu akan membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya.

9. Susu dan jus yang tidak steril
Susu dan jus yang belum disterilkan juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kedua minuman ini jika tidak disterilkan bisa mengandung bakteri listeria yang bisa merusak sistem imun ibu bayi dan membahayakan bayi dalam kandungan.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar