Selasa, 07 Februari 2017

Ciri-ciri Anda Mengalami Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis yang paling banyak dijumpai. Hipertensi biasanya diidap orang-orang yang usianya di atas 18 tahun. Penyakit ini biasanya ditandai dengan tekanan darah di atas normal.Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa proporsi seseorang terkena tekanan darah tinggi meningkat seiring bertambahnya umur, yaitu 1 dalam 10 orang pada usia 20 – 30-an tahun, dan 5 dari 10 orang pada usia 50-an tahun.

Oleh karena itu, sangat penting selalu mendeteksi dini tekanan darah dan setiap orang dewasa seharusnya mengetahui tekanan darahnya serta menjaganya dalam level normal, yaitu 120/80 mmHg. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Lalu, apa sebenarnya penyebab hipertensi? 95% kasus hipertensi tidak diketahui penyebabnya atau disebut hipertensi primer. Namun, pada umumnya dipicu oleh obesitas, asupan garam yang tinggi, dan kolesterol yang tinggi. Lalu, 5% disebabkan oleh penyakit ginjal, penyakit endokrin, jantung, dan lain sebagainya yang disebut hipertensi sekunder.

Ketahuilah bahwa hipertensi pada dasarnya tidak menunjukkan gejala apapun sehingga kondisi itu terkadang disebut sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam. Akan tetapi, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan sebagai indikasi adanya hipertensi.
Berikut ciri-ciri Anda mengalami hipertensi

1. Sakit kepala

2. Napas pendek

3. Pusing

4. Telinga berdenging

5. Mimisan

6. Muntah

7. Pingsan dan kerap mengantuk

8. Pandangan kabur

9. Mengeluarkan keringat yang berlebihan

Jika Anda mengalami beberapa ciri tersebut, maka segeralah periksa ke dokter. Penyakit ini bisa menyebabkan keruskaan serius pada organ yang tak bisa disembuhkan. Selain itu, tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, ginjal, hingga diabetes.
Untuk itu, selalu jaga tekanan darah dalam level normal dan biasakan pola hidup yang sehat. Anda harus rajin berolahraga, membatasi minuman beralkohol, mengontrol berat badan, dan mengurangi garam.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar