Minggu, 19 Februari 2017

Cara Menghindari Penyakit Saat Ibadah Haji

Umat muslim di Indonesia yang berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji tahun 2014 ini diminta untuk menjaga kesehatannya. Pasalnya, saat ini tengah marak penyebaran sejumlah virus berbahaya di Arab Saudi, seperti virus MERS dan virus Ebola.Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya pemerintah Arab Saudi sendiri telah melakukan sejumlah langkah pencegahan untuk mengantisipasi penyebaran virus berbahaya tersebut. Jadi Anda tetap bisa melaksanakan ibadah haji dengan tenang.
Tapi, tidak ada salahnya jika Anda juga ikut melakukan upaya pencegahan agar tetap sehat selama melaksanakan ibadah haji maupun setelah pulang ke Tanah Air. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit selama menunaikan ibadah haji.
Simak penjelasannya, baik-baik!

1. Terapkan pola hidup PHBS
Jamaah haji diharuskan untuk membiasakan diri dengan pola hidup Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selalu jaga kebersihan selama melaksanakan ibadah haji terutama saat akan makan ataupun minum. Pastikan tangan atau alat makan yang dipakai sudah bersih.

2. Makan dan minum cukup
Ketua Balai Pengobatan Ibadah Haji (BPIH) Madinah Tjetjep Ali Akbar meminta agar para jamaah mencukupi asupan makanan dan minumnya selama di Mekah. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk menghindari jamaah haji mengalami dehidrasi karena cuaca yang panas.

3. Istirahat yang cukup
Menunaikan ibadah haji butuh tenaga yang besar karena dilakukan dengan jalan kaki di tengah terik matahari. Untuk itu, jamaah haji diminta untuk istirahat yang cukup dan melakukan pola hidup yang sehat.

4. Gunakan masker
Jamaah haji diminta untuk selalu menggunakan masker setiap keluar dari pemondokan agar terhindar dari penyebaran penyakit pernapasan. Masker boleh dibasahi dengan air agar udara yang masuk terasa lebih segar.

5. Perbanyak minum
Menurut Tjetjep, selain virus, penyakit yang biasanya menghinggapi jamaah haji adalah infeksi saluran pernapasan atas dan dehidrasi. Karenanya, ia menyarankan para jamaah haji untuk memperbanyak minum walau merasa tidak haus. Jika diperlukan bisa ditambah elektrolit.

Demikian cara-cara untuk menghindari penyakit saat ibadah haji. Cara di atas juga bisa dipakai untuk menyiasati cuaca panas di Mekah atau Tanah Suci, tempat berlangsungnya ibadah haji. Semoga bermanfaat!

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar