Minggu, 19 Februari 2017

Cara Memencet Jerawat yang Benar

Kita semua tahu bahwa memencet jerawat tidak boleh dilakukan karena akan meninggalkan bekas luka. Padahal kebanyakan orang tidak sabar dan gatal ingin memencet jerawat yang sangat mengganggu tersebut. Namun adakalanya jerawat secara tidak sengaja tersentuh sehingga pecah. Jika tidak segera ditangani atau dibiarkan, cairan jerawat yang keluar bisa menyebar ke bagian kulit wajah lain, menginfeksi, lalu menyebabkan muncul jerawat baru. Selain itu, jika tangan atau jari tidak bersih ketika memencet jerawat, risiko luka dan infeksi pun mengikuti. Jadi bagaimana cara memencet jerawat yang benar?

1. Alat Pencet Jerawat
Siapkan alat yang bisa digunakan untuk memencet jerawat. Setiap orang mempunyai teknik yang berbeda, ada yang menggunakan jarum jahit, cotton bud, atau jari yang dibalut tissue bersih. Jika Anda ingin memakai jarum, pastikan untuk mensterilkan jarum dengan alkohol.

2. Pencet Jerawat
Jika jerawat belum pecah, gunakanlah jarum untuk memecahnya. Sementara jika sudah keburu pecah secara tidak sengaja, pakailah dua cotton bud atau jari yang dibalut tissue untuk mendorong cairan jerawat keluar. Jangan memaksa mengeluarkan isi jerawat jika isinya sulit keluar. Mengapa? Karena pada saat seperti ini darah dan cairan jerawat keluar sehingga mengakibatkan luka. Ambil nanah isi jerawat ke arah atas untuk menghindari infeksi penyebaran jerawat baru.

3. Bersihkan
Bila sudah terlihat cairan bening atau darah, hentikan memencet. Lalu, bersihkan bagian tersebut dengan kapas yang sudah dibasahi toner yang mengandung alkohol. Dengan begini, sisa cairan pada jerawat bisa segera dibersihkan dan tidak terserap ke bagian kulit lain. Jangan gunakan makeup pada kulit berjerawat yang masih luka, maka sebaiknya lalukan pemencetan jerawat pada malam hari. Biarkan bekas jerawat yang masih baru tersebut mengering, lalu gunakan Neosporin pada area tersebut untuk mengurangi infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Ingatlah untuk selalu rajin mencuci wajah dua kali sehari termasuk sebelum tidur. Hindari pemakaian produk yang dapat menyumbat pori-pori wajah dan pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk wajah berjerawat untuk membantu mengurangi munculnya jerawat. Satu lagi, hindari memencet jerawat jika tidak terpaksa.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar