Selasa, 28 Februari 2017

5 Cara Alami Mengatasi Eksim

Jika Anda hobi berenang di kolam renang yang airnya mengandung kaporit dan tidak memperhatikan cara merawat kulit setelah berenang, Anda harus waspada akan satu hal, yakni eczema atau eksim. Eksim adalah iritasi kulit yang menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, kering, bahkan hingga pecah-pecah dan mengelupas. Penyebab eksim ini bervariasi, yaitu faktor genetik, kekebalan tubuh, lingkungan, aktivitas, dan kelembaban tubuh.Kebanyakan penderita eksim akan memilih jalur pengobatan seperti penggunaan pil, krim, dan steroid. Padahal perubahan gaya hidup dan pola makan juga berpengaruh pada kondisi kulit. Mengurangi stres dan melakukan olahraga dapat mencegah terjadinya eksim. Namun hindari pula terlalu banyak berkeringat sebab keringat bisa menjadi pemicu timbulnya eksim. Oleh sebab itu, usahakan untuk segera mandi setelah selesai berolahraga.
Pemilihan makanan yang tepat dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji, gula, dan pemanis buatan berpengaruh pula pada kulit. Beralihlah pada makanan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan tuna dan salmon, telur, alpukat, dan kacang tanah organik.
Selain cara yang disebutkan sebelumnya, ada penyembuhan alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak akan menimbulkan efek samping. Berikut 5 bahan alami yang dapat mengatasi eksim.

1. Minyak Kelapa
Kandungan anti-virus dan anti-bakteri pada minyak kelapa terbukti dapat mengatasi eksim dan melindungi kulit dari infeksi sekaligus menyejukkan kulit kering dan mengurangi inflamasi. Oleskan minyak kelapa tipis-tipis pada bagian kulit yang bermasalah, lalu radang kulit akibat eksim sedikit demi sedikit akan berkurang.

2. Lidah Buaya
Dipercaya dapat mengatasi kulit terbakar matahari, lidah buaya juga efektif mengatasi kulit bermasalah akibat eksim. Gunakan gel pada tanaman lidah buaya untuk mendinginkan bagian kulit yang ruam.

3. Chamomile
Jadikan chamomile sebagai teh dengan merebus bunga chamomile kering dengan air selama 15 menit. Minum teh ini secara rutin. Resapan air chamomile ini juga bisa ditempelkan pada kulit eksim dengan menggunakan kain kasa atau kapas. Gejala seperti kulit gatal dan terbakar akan segera teratasi.

4. Minyak Argan
Kaya akan asam lemak dan vitamin E, argan oil tidak hanya baik untuk merawat rambut, tapi juga bisa mengatasi eksim. Gunakan minyak argan pada kulit yang bermasalah, vitamin E-nya akan melembabkan dan merawat kulit serta menambah kekenyalan kulit.

5. Magnesium
Untuk penderita eksim, mengguyur kulit yang terkena iritasi bisa menjadi tambah parah. Untuk memudahkan ketika mandi, gunakan air yang telah dicampur magnesium untuk menyembuhkan semua gejala eksim. Sebelum mandi, campurkan air untuk mandi dengan 1-2 gelas garam epsom atau butiran magnesium, setengah gelas garam laut, dan 10-15 tetes minyak esensial (misalnya lavender atau mint). Pakai air campuran ini untuk mandi sekaligus menyembuhkan eksim pada kulit.

Untuk merawat dan menjaga agar eksim tidak bertambah parah, hindari menggaruk bagian yang gatal dan gunakan produk perawatan kulit yang ringan, hypoallergenic, dan bebas bahan kimia berbahaya untuk mengurangi iritasi dan membantu mempercepat penyembuhan


★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

★★★
Kunjungi Toko Online Kami Disini (https://goo.gl/I1uzKR). Note: Silahkan lakukan pembelian secara COD/Ketemuan untuk menghindari penipuan dalam bentuk apapun!

★★★
Ingin Konsultasi Atau Beriklan di Portal Berita Kami? Cukup Click Link berikut ini (http://m.me/Tipsperawatankecantikandankesehatan)

0 komentar:

Posting Komentar