Selasa, 27 Desember 2016

Orang tua wajib tahu, ini 5 hal penting tentang tidur si kecil

Ini bukan hanya untuk membuatnya si kecil terbebas dari rewel. tetapi si kecil juga membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa tumbuh sehat. Otot-otot si kecil termasuk jantung memperbaiki dirinya selama tidur. Tidur juga mengontrol sinyal yang memberitahu tentang rasa lapar ataupun kenyang sehingga ini baik untuk menjaga berat badannya. Nah, untuk itu sangat penting bagi para orang tua untuk mengenal tidur yang sehat bagi si kecil. Melansir dari WebMD, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diketahui orang tua mengenai tidur si kecil.
1. Tidur meningkatkan kemampuan otak

Tidur adalah bagian penting yang harus dimiliki oleh anak-anak. Ini adalah bagian penting bagi anak untuk bisa belajar dengan lebih baik. Anak-anak memburuhkan tidur untuk membantunya memberikan perhatian lebih saat belajar di sekolah. Jika dia mendapatkan tidur yang cukup, maka si kecil akan melakukan tugasnya dengan lebih cepat sekaligus dengan sedikit kesalahan.

2. Durasi tidur yang berbeda berdasarkan umur

Punya seorang bayi? Pastikan dia mendapatkan tidur setidaknya 11-14 jam sehari. Untuk anak usia 3-5 tahun setidaknya membutuhkan durasi tidur selama 11-13 jam sehari. Jika si kecil berusia 6-13 tahun, dia harus mendapatkan 9-11 jam sehari untuk tidur. Sedangkan untuk anak usia remaja, setidaknya mereka mendapatkan tidur 9-11 jam sehari.

3.Tidur siang

Durasi tidur siang yang dibutuhkan oleh si kecil berbeda-beda tergantung durasi tidur yang didapatkannya pada malam hari. Biasanya balita akan tidur lebih dari 8 jam pada malam hari dan sisanya bisa dia dapatkan dalam tidur siangnya. Kebanyakan dari anak-anak akan mulai melupakan tidur siangnya pada usia 5 tahun. Jika si kecil melakukan hal ini secara konsisten, mungkin dia butuh tambahan tidur pada malam hari. Dengan kata lain dia bisa mendapatkan jam tidur yang lebih awal dari biasanya. Jika anak-anak pada usia remaja mengambil tidur siang, bisa bisa jadi pertanda bahwa dia tidak mendapatkan cukup tidur pada malam hari.

4. Mengatasi anak susah tidur

mengatasi kesulitan tidur bagi si kecil bukan berarti para orang tua harus memaksakan mereka untuk langsung terjun dalam tempat tidur. Cobalah memulai dengan hal-hal sederhana seperti mandi yang menenangkan, menyikat gigi,dan lainnya dengan syarat semuanya akan berakhir di tempat tidur. Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan hal yang menyenangkan sebelum dia tidur seperti membacakannya cerita dalam cahaya yang redup, memberikan suhu kamar yang sejuk serta terbebas dari cahaya layar.

Nah,sekarang kamu tidak bingung lagi mengenai kebutuhan tidur si kecil, kan? Semoga bermanfaat!

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar