Jumat, 04 November 2016

Waspada! Ada racun tersembunyi dibalik 7 makanan sehat ini

Kita tahu bahwa sebagian besar makanan yang kita konsumsi setiap hari memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Tetapi, selain melihat manfaat sehat yang dimilikinya, kita juga harus waspada pada efek samping yang dimilikinya.

Seperti halnya tujuh makanan yang sangat sering kita konsumsi ini. Selain menyimpan manfaat sehat, ternyata mereka memiliki kandungan racun tersembunyi jika dikonsumsi dengan cara yang salah.

1. Pala
Pala sebenarnya adalah halusinogen. Halusinogen adalah jenis zat alami yang menimbulkan efek halusinasi yang bersifat mengubah perasaan, pikiran dan seringkali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga berefek pada terganggunya kenyamanan perasaan. Pengonsumsian sejumlah besar pala (30gr atau 6 sendok makan per hari)dapat membuat pala yang sehat ini berubah menjadi racun yang memproduksi disorientasi.

2. Kentang
Kandungan glycoalkaloids ditemukan pada daun, batang, dan kecambah kentang. Glycoalkaloid adalah zat beracun yang ditemukan pada bunga kecubung. Zat ini biasanya terdapat pada kentang yang dibiarkan terlalu lama terkena sinar matahari. Jika zat ini masuk dalam tubuh dapat mengakibatkan kram, diare, sakit kepala, bingung, dan koma dan bahkan berujung kematian. Zat ini biasanya da pada kentang yang memiliki selingan warna hijau pada umbinya.

3. Madu mentah
Karena tidak mengalami proses pasterurisasi, madu mentah (yang masih berbentuk sarang tawon) ini mengandung grayanotoxin. Bila dikonsumsi, zat ini dapat membuat kita merasa pusing, lemah, keringat berlebihan, mula dan bahkan muntah yang terjadi selama 24 jam. Satu sendok madu mentah saja dapat menyebabkan gejala tersebut.

4. Tomat
Batang dan daun tomat mengandung alkali yang dapat menyebabkan perut menjadi tidak nyaman (agitasi perut). Efek yang sama juga dihasilkan oleh tomat hijau yang masih mentah. Kabat baiknya, gejala ini akan terjadi jika kita mengonsumsi tomat hijau mentah dalam jumlah yang banyak.

5. Tuna
Merkuri adalah zat berbahaya yang harus diwaspadai dari makanan sehat yang satu ini. Inilah alasan mengapa ikan tuna tidak direkomendasikan pada anak-anak dan wanita hamil. Merkuri beresiko menyebabkan kerusakan otak dan berbagai gangguan belajar lainnya.

6. Singkong
Tidak diduga daun dan akar singkong sangat kaya akan racun sianida. Racun sianida ini memiliki efek mematikan dan telah digunakan selama ribuan tahun sebagai racun. Oleh karena itu memperhatikan proses pengolahan sebelum kita mengonsumsinya. Karena racun sianida bisa hilang jika kita mengolahnya dengan car yang bersih dan benar.

7. Kacang mete mentah
Kacang mete mentah yang kita temukan di toko bahan makanan biasanya tidak sepenuhnya mentah. Biasanya kacang mete tersebut dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan urushiol, yang juga ditemukan pada racun ivy. Zat kimia ini dapat menyebabkan gatal pada kulit, peradangan dan bahkan kulit terasa seperti terbakar. Zat ini terdapat pada kacang mete mentah.

Kita harus selalu waspada pada semua makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena, salah cara mengolah dan mengonsumsi makanan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar