Minggu, 27 November 2016

Mengapa pria lebih mudah kepanasan dibanding wanita?

Selama ini banyak yang mengira bahwa semua orang merasakan suhu yang sama. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata pria dan wanita merasakan suhu yang berbeda?
Dilansir dari BBC, sebuah penelitian oleh dua orang ilmuwan dari Belanda menemukan bahwa suhu nyaman bagi tubuh wanita 2,5 derajat celcius lebih tinggi dari pria. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan fisik yang muncul pada pria dan wanita. Pria memiliki massa tubuh yang lebih rendah lemak sehingga menyebabkan mereka membutuhkan rata-rata waktu yang lebih lama untuk mengistirahatkan metabolisme. Ketika dalam kondisi inilah tubuh akhirnya memproduksi suhu lebih tinggi.

Produksi panas tubuh ini disebabkan oleh lemak coklat yang muncul di tubuh. Lemak coklat menghasilkan panas melalui proses yang dinamakan thermogenesis. Proses tersebut diatur oleh pengaruh hormon thyroid dan sistem saraf serta dapat berpengaruh terhadap tingkat istirahat metabolisme pada lelaki.

Pada pria, proporsi massa tubuh serta kinerja fisik yang jauh lebih berat dibandingkan wanita menjadikan mereka memiliki toleransi yang lebih rendah terhadap suhu panas. Oleh karena itu tidak usah heran jika lebih banyak pria senang berlama-lama di ruangan dengan pendingin udara.

0 komentar:

Posting Komentar