Rabu, 23 November 2016

Lezatnya cokelat hitam bantu atasi kanker pankreas

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam the British Journal of Cancer menyarankan makanan kaya akan magnesium seperti cokelat hitam (dark chocolate) karena efeknya yang mampu membantu mengurangi risiko kanker pankreas. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Indiana University Bloomington ini menemukan bahwa penurunan konsumsi magnesium sejumlah 100mg sehari dapat meningkatkan risiko kanker pankreas sekitar 24%.
Melansir dari medicaldaily.com, peneliti mengatakan bahwa kanker pankreas memiliki keunikan dibandingkan dengan kanker lainnya. Meskipun penelitian terakhir menunjukkan hubungan terbalik antara asupan magnesium dengan diabetes yang juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kanker pankreas.

Dengan begitu para peneliti mengamati hubungan langsung antara magnesium dengan kanker pankreas melalui data data yang melibatkan lebih dari 66.000 orang. Mereka yang dilibatkan dalam penelitian ini berada pada rentang usia antara 50 hingga 76 tahun. Selama penelitian berlangsung, sekitar 156 peserta mengembangkan kanker pankreas.

Beberapa faktor seperti usia, indeks massa tubuh, dan penggunaan obat anti-inflamasi tidak mengubah efek dari asupan magnesium pada seseorang yang terkena kanker pankreas. Para peneliti menjelaskan bahwa menambahkan suplemen magnesium dalam pola makan akan cukup bermanfaat bagi orang-orang yang berada pada risiko tinggi kanker pankreas sebagai upaya pencegahan. Selain dalam suplemen tambahan, kandungan magnesium juga dapat ditemukan dalam sayuran dengan warna gelap, sayuran hijau dan juga kacang-kacangan.

0 komentar:

Posting Komentar