Rabu, 23 November 2016

Kendalikan peradangan dengan 6 makanan sehat ini!

Peradangan (inflammation) adalah bengkak kemerahan, panas, dan nyeri pada jaringan karena cedera fisik, kimiawi, infeksi atau reaksi alergi. Peradangan sebenarnya adalah upaya yang dilakukan tubuh untuk perlindungan diri.
Tujuannya adalah untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, dan memulai proses penyembuhan. Kabar baiknya lagi, kamu bisa mengendalikan peradangan ini dengan beberapa makanan sehat dan juga lezat berikut ini.

1. Protein tinggi
Ikan seperti salmon, tuna, kerang, sarden, ikan asin memiliki kandunagn asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu makanan enak lainnya seperti kerang, udang, lobster, kepiting, daging ayam, tempe dan bahkan tahu dapat membantu kamu mengurangi peradangan.

Selain itu makanan kaya antioksidan seperti sayuran hijau tua seperti bayam juga ampuh untuk mengendalikan peradangan kamu. Selain, itu sayuran tersebut mengandung vitamin E yang membantu melindungi tubuh dari molekul pro-inflamasi yang disebut cytokines.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan yang baik untuk peradangan adalah kacang-kacangan mentah, tawar (tanpa garam) dan kacang sangrai. Kamu bisa memilih berbagai jenis kacang seperti kenari, almond, kacang pinus, hazelnut dan lainnya.

Kacang-kacangan memiliki kandungan tinggi lemak tak jenuh tunggal yang membantu melawan peradangan. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, serat dan antioksidan.

3. Buah berri
Buah berry yang kaya akan antioksidan sangat ampuh untuk membantu mengatasi peradangan kamu. Buah berry jenis blueberry adalah yang terbaik.

4. Biji-bijian dan lentil
Lentil atau miju-miju baik warna merah, hijau atau hitam serta beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang lima, kacang merah, kacang putih, kacang pinto dan kacang hitam sangat kaya akan kandungan serat.

Selain itu makanan tersebut mengandung fitonutrien yang berfungsi membantu mengurangi CRP (C-Reaktif Protein) atau sekresi patogen. CRP adalah salah satu indikasi yang menyebabkan peradangan dalam darah.

5. Padi-padian
Gandum, barley, quinoa, dan soba adalah jenis karbohidrat dengan kandungan rendah glikemik (yang menyebabkan peningkatan kadar gula). Ini membuat padi-padian jenis tersebut berguna untuk menguragi CRP.

6. Lemak sehat
Lemak tak selamanya jahat, lo! Buktinya lemak sehat seperti minyak zaitun murni, minyak rami, alpukat, kelapa dan buah zaitun mampu membantu kamu mengurangi peradangan. Buah alpukat misalnya, buah yang kaya akan kandungan karatenoid ini telah terbukti mampu melawan peradangan.

Selain makanan yang membantu mengatasi peradangan, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari saat kamu tengah mengalami peradangan, seperti madu atau makanan manis lainnya. Makanan manis dapat memicu peningkatan gula darah yang tidak baik bagi peradangan kamu.

0 komentar:

Posting Komentar