Jumat, 11 November 2016

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya menjadi indikasi gejala pilek. Sakit ini tidak parah dan hanya berlangsung sekitar lima hingga tujuh hari. Walaupun begitu, rasa tidak nyaman serta suara yang serak bisa sangat mengganggu. Bila tidak segera diatasi, maka pilek dan demam pun menyerang. Jika Anda mengalami radang tenggorokan, berikut langkah yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan akan kondisi yang semakin memburuk.
1. Obat Anti-Inflamasi
Anda bisa segera minum obat tanpa resep dokter. Obat yang mudah Anda temukan di apotek untuk mengatasi radang tenggorokan antara lain acetaminophen, ibuprofen (advil atau motrin), naproxen (aleve atau naprosyn), dan aspirin. Bila perlu, sediakan obat-obatan ini pada persediaan obat di rumah jika sewaktu-waktu tenggorokan Anda mulai tidak nyaman dan tidak enak untuk menelan.

2. Obat Kumur Air Garam
Penelitian menunjukkan berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat bisa mengurangi bengkak di tenggorokan dan melepaskan lendir hingga meluruhkan bakteri di dalamnya. Air garam bisa Anda buat dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat lalu aduk hingga garam larut. Bila rasa asin sedikit mengganggu, Anda bisa tambahkan madu untuk mempermanis sensasinya. Ingat untuk hanya dikumur lalu dimuntahkan, bukan untuk ditelan.

3. Permen Pelega Tenggorokan
Ada banyak permen pelega tenggorokan yang dijual di pasaran. Anda bisa mencobanya untuk merangsang produksi air liur sehingga membuat tenggorokan tetap lembab. Pilihlah merk permen pelega tenggorokan yang mempunyai komposisi bahan mendinginkan seperti menthol dan eucalyptus.

4. Sirup Obat Batuk
Sirup obat batuk yang tersedia di toko obat bisa membantu mengurangi radang tenggorokan. Meski Anda belum batuk, tidak ada salahnya melakukan pencegahan. Hindari sirup obat batuk dengan efek mengantuk jika Anda akan melakukan aktivitas di siang hari. Namun sirup yang mengandung obat tidur bisa membantu Anda tidur lebih cepat di malam hari.

5. Cairan
Cegahlah dehidrasi dengan banyak minum atau makan makanan berkuah. Banyaklah minum hingga urin berwarna kuning cerah atau bening. Dengan begini, membran berlendir tetap lembab dan dapat melawan bakteri atau pengganggu lainnya sehingga Anda terhindar dari gejala pilek lainnya. Minuman dengan sedikit rasa manis seperti jus buah atau makanan berkuah seperti sup dapat membantu melegakan iritasi tenggorokan.

6. Teh
Minuman hangat seperti teh bisa menjadi langkah cepat untuk mengatasi tenggorokan yang radang. Teh biasa seperti teh hitam, hijau, ataupun putih memberi manfaat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Tambahkan herbal pada teh untuk memberi manfaat lebih. Madu bisa dijadikan pilihan pengganti gula untuk fungsi anti-bakteri sehingga proses penyembuhan semakin cepat.

7. Sup Ayam
Makanan pelega tenggorokan, yakni sup ayam ternyata ampuh pula melegakan radang tenggorokan. Kandungan sodium dalam kuahnya mempunyai fungsi anti-inflamasi sehingga cocok dijadikan makanan saat tenggorokan sedang tidak enak. Jika saat makan tenggorokan Anda terasa sakit, meminum air kuah sup juga tidak menjadi masalah karena di dalamnya terkandung nutrisi yang dapat melawan infeksi.

8. Istirahat
Meski tidak memberi efek langsung pada penyembuhan radang tenggorokan, namun istirahat cukup membantu tubuh melawan virus flu. Pastikan Anda meliburkan diri dari aktivitas harian dan berbaringlah agar radang tenggorokan segera membaik diiringi dengan pengobatan lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan.

0 komentar:

Posting Komentar