Jumat, 07 Oktober 2016

Tak disangka, tidur ternyata bisa bikin migrain!

Saat sakit kepala menyerang, biasanya Anda langsung minum obat pereda sakit kepala dan tidur untuk menyembuhkannya. Sekali dua kali, cara ini masih dianggap ampuh. Namun lama-kelamaan rasa sakit kepala yang biasa datang tidak lagi dapat ditaklukkan dengan mudah. Wah, bisa jadi Anda sebenarnya menderita migrain.
Migrain sendiri termasuk jenis sakit kepala yang lumayan sulit untuk ditaklukkan. Agar Anda tidak terkena serangan migrain tersebut, dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa faktor penyebab migrain yang patut untuk Anda ketahui.

Makan tidak teratur
Saat jadwal makan Anda tidak teratur, apakah Anda sering mengalami pusing? Bisa jadi itu adalah tanda migrain. Sebab saat Anda sering melompati jam makan, maka kadar gula darah Anda akan menurun dan memicu serangan migrain. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda selalu memiliki jadwal makan yang teratur atau tepat waktu.

Tidur berlebihan
Tidur memang baik untuk kesehatan Anda. Sebab tidur memberikan tubuh waktu untuk beristirahat sehingga dapat terhindar dari kelelahan. Namun jika Anda tidur secara berlebihan, maka ritme sirkadian Anda juga akan terganggu sehingga memicu serangan migrain.

Stres
Penelitian menunjukkan saat Anda stres, maka serangan migrain akan semakin besar. Sebab saat Anda stres, maka terjadi peningkatan hormon kortisol yang dapat memicu migrain.

Olahraga tanpa pemanasan
Anda doyan olahraga? Jika ya, lakukanlah olahraga dengan benar termasuk selalu melakukan pemanasan. Sebab olahraga yang Anda lakukan secara tiba-tiba tanpa pemanasan yang baik, mampu memicu migrain.

Banyak mengonsumsi makanan olahan
Tahukah Anda bahwa sering mengonsumsi makanan olahan mampu menyebabkan migrain? Hal ini disebabkan karena makanan olahan mengandung nitrat yang akan mengganggu aliran darah di pembuluh darah Anda.

Minum alkohol
Selain mabuk, salah satu efek buruk dari alkohol adalah migrain. Sebab kandung serotonin yang ada dalam alkohol dapat memicu sakit kepala.

Kurang minum air
Minum air putih tak hanya mampu menghindarkan Anda dari dehidrasi, namun juga dapat menghindarkan Anda dari migrain. Sebab air putih menjadi salah satu sarana untuk masuknya oksigen ke pembuluh darah otak.

Jadi, daripada meminum obat untuk mengobati migrain maka lebih baik hindari beberapa faktor penyebab migrain seperti penjelasan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar