Minggu, 09 Oktober 2016

Ciri-Ciri Fisik Kanker Payudara

Setiap wanita harus tahu gejala dan tanda kanker payudara sehingga kapanpun ditemukan adanya ketidaknormalan pada payudara, hal ini bisa segera diperiksakan ke dokter. Kebanyakan wanita yang menderita kanker payudara biasanya hanya mendapati satu atau dua gejala. Namun adanya gejala dan tanda kanker payudara yang didapati di payudara tidak sepenuhnya berarti Anda terkena kanker payudara.
Dengan melakukan tes mammography screening secara rutin, maka dapat segera diketahui tanda kanker payudara stadium awal.

Walaupun begitu, kanker payudara juga tidak semuanya bisa dideteksi dengan mammography. Tanda adanya kanker payudara tidak sama untuk setiap wanita. Tapi gejala yang paling umum adalah perubahan tampilan dan rasa pada puting payudara.

Sebagai langkah awal deteksi dini kanker payudara, berikut hal-hal fisik yang bisa dilihat dari payudara Anda.

1. Perubahan Rasa pada Payudara dan Puting
Rasa yang bisa dirasakan antara lain adanya bengkakan di payudara dan daerah ketiak serta puting mengeras. Tekstur kulit payudara juga menjadi berubah, ini bisa dilihat dari melebarnya pori-pori kulit payudara. Beberapa melihat tanda seperti ini serupa dengan kulit jeruk. Rasa nyeri di salah satu titik payudara dan tidak sembuh-sembuh serta benjolan pada payudara sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

2. Perubahan Tampilan Payudara
Bentuk payudara secara signifikan mengalami perubahan, yakni salah satu payudara menjadi menyusut. Selain itu, payudara juga bengkak, memerah, atau bahkan menghitam pada salah satunya. Ditemukan pula adanya cekungan kulit seperti lesung pipi. Kulit pada daerah puting dan areola menjadi bersisik, merah, dan gatal.

3. Keluar Cairan dari Puting
Pada dasarnya keluarnya cairan dari dalam puting bukan sepenuhnya tanda Anda mengalami kanker payudara. Bisa saja keluarnya cairan karena itu reaksi alami tubuh ketika puting terpencet. Namun bisa saja cairan ini menunjukkan masalah serius jika cairan berwarna bening atau bahkan mirip darah, keluar dari salah satu payudara, dan keluar tanpa adanya tekanan pada puting.

Jika Anda menemukan adanya tanda-tanda tersebut pada payudara Anda, sebaiknya Anda waspada dan temui dokter untuk melakukan pemeriksaan sehingga kanker payudara bisa diatasi sedini mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar