Kamis, 13 Oktober 2016

Bahaya Bayam Jika Dikonsumsi Berlebihan

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah ditemukan di pasar atau swalayan.
Berbagai olahan makanan yang terbuat dari bayam pun sudah menjadi menu favorit masyarakat. Mulai dari sop bayam, tumis bayam, dan pecel.

Bayam mengandung zat besi yang berfungsi untuk membantu kinerja sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan juga membantu produksi energi tubuh. Selain itu, bayam juga kaya serat dan mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan mineral lainnya.

Meskipun bayam itu menyehatkan, namun jika dikonsumsi terlalu banyak, bayam bisa membahayakan kesehatan tubuh. Sebaiknya konsumsi bayam secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Menkonsumsi bayam terlalu banyak bisa mengancam kesehatan batu ginjal dan bisa menimbulkan masalah berbagai nyeri pada tubuh. Hal ini karena kandungan oksalat pada bayam yang tinggi.

Oksalat diketahui menjadi penyebab utama batu ginjal pada 80% kasus penderita batu ginjal di kalangan orang dewasa. Selain itu, oksalat yang berlebih juga bisa menghambat penyerapan nutrisi penting seperti kalsium.

Padahal kalsium merupakan salah satu mineral yang penting untuk tubuh. Diantaranya berfungsi untuk menyehatkan tulang dan juga menyehatkan jantung. Untuk itu sebaiknya Anda jangan menkonsumsi bayam berlebihan.

Imbangi konsumsi sayur bayam dengan konsumsi makanan sehat lainnya. Tujuannya agar nutrisi yang diserap oleh tubuh tetap seimbang. Bagi Anda penggemar peyek bayam, sebaiknya jangan makan terlalu banyak meskipun peyek bayam enak untuk camilan.

Demikian bahaya dari menkonsumsi sayur bayam berlebihan. Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga agar energi yang ada di dalam tubuh bisa tersalurkan dengan baik. Sehingga tubuh akan selalu dalam kondisi fit dan sehat. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar